Diduga Korsleting Listrik, Bus Rosalia Indah Terbakar di Tol

Foto : Bus Rosalia Indah terbakar di jalan tol solo Semarang

BOYOLALI, Peristiwaterkini – Bus Rosalia Indah Ponorogo-Lampung ludes terbakar di Tol Solo-Semarang KM 478+600 B Desa Ngargosari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Sabtu (16/3/2024) sore.

Penyebab kebakaran diduga karena korsleting. Sebelum api menjalar ke seluruh badan bus, lebih dahulu diawali suara ledakan dari mesin.

Tidak ada korban jiwa dalam peistiwa itu, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp500 juta. “Dalam kejadian tersebut 20 penumpang selamat dan dua kru bus selamat, tidak terdapat korban jiwa, hanya kerugian material sebesar Rp500 juta,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali, IPDA Budi Purnomo kepada portal berita Peristiwaterkini, Minggu (17/3/2024).

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Agista Ryan Mulyanto menjelaskan peristiwa terbakarnya Bus Rosalia Indah bernopol AD 7189 OF itu berawal saat bus melaju dari arah timur ke barat di Tol Solo-Semarang untuk tujuan Lampung dan perjalanan dari Ponorogo.

Bus yang dikemudikan Andhi Sumarno, 54, warga Giriwoyo, Wonogiri tersebut tiba-tiba terdengar suara ledakan yang diikuti dengan percikan api pada bagian mesin.

Sopir pun menepikan bus dan berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR). Namun api terlanjur membesar dan membakar badan mobil. Kru bus pun segera mengevakuasi penumpang menjauh dari kendaraan yang terbakar.

“Sesampai di lokasi kejadian, bus mengalami korsleting listrik dan sopir mendengar suara ledakan di bagian mesin mobil,” katanya.

Setelah mendapatkan laporan Satlantas Polres Boyolali bersama dengan pihak Trans Marga Jateng, PJR Jateng 7, dan Damkar Boyolali langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi penumpang, memadamkan api, dan mengatur arus lalu lintas.

“Arus lalu lintas sudah berangsur pulih, asalkan mengikuti arahan petugas mengambil jalur kanan bisa lewat. Kami juga mengimbau kepada pengguna jalan supaya tidak berhenti dan memotret tempat kejadian perkara supaya arus lalu lintas lancar,” terang Agista.

Akibat kebakaran bus sempat menyebabkan arus lalu lintas di wilayah tersebut mengalami antrean. Agista menyampaikan bus tersebut berhasil dipadamkan sekitar satu jam dan seluruh penumpang berhasil dievakuasi.

“Sejumlah 20 penumpang dan dua kru, termasuk pengemudi, dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi menuju Gerbang Tol Boyolali untuk menunggu jemputan,” kata dia.

Ia menghimbau kepada semua pengusaha transportasi untuk selalu melakukan pengecekan berkala terhadap kendaraan yang dipakai. Hal tersebut sebagai langkah antisipatif sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi. Menurut Agista, keselamatan umum baik penumpang dan pengemudi lebih diutamakan dibandingkan bisnis.

“Kami juga berterima kasih kepada pihak terkait yang telah merespons cepat dalam menangani kejadian kebakaran bus tersebut sehingga kejadian teratasi, tidak ada korban jiwa, serta dalam waktu yang cepat arus lalu lintas berjalan dengan lancar,” ujarnya. (one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *