2 Nelayan Asal Banten Akhirnya Ditemukan dalam Kondisi Tewas di Perairan Kulon Progo

Foto : tim SAR gabungan temukan 2 jasat ABK asal Banten di perairan kulon Progo

KULONPROGO, Peristiwaterkini – Tim SAR gabungan menemukan dua jasad nelayan asal Banten di perairan selatan Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, pada Jumat (15/3/2024).

Keduanya merupakan Anak Buah Kapal (ABK) yang sebelumnya dilaporkan hilang. Jasad kedua nelayan bernama Anggit dan Arba itu ditemukan di dua lokasi berbeda.

Jasad Anggit ditemukan pukul 15.00 WIB di sekitar pantai Pleret, Kapanewon Panjatan atau berjarak delapan kilometer dari pantai Glagah.

Sedangkan jasad Arba ditemukan pukul 15.30 WIB di sekitar pantai Bugel, Kapanewon Panjatan yang berjarak sekitar 11 kilometer arah timur dari Pantai Glagah.

Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso mengatakan keduanya diyakini merupakan abk yang sebelumnya dilaporkan hilang berdasarkan keterangan keluarga korban. pihak keluarga yakin jasad tersebut merupakan korban yang hilang berdasarkan ciri-ciri fisiknya.

Kedua jasad tersebut langsung dievakuasi tim SAR gabungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates. Kedua ABK itu sebelumnya bersama dua rekan lainnya yang selamat dari kejadian.

“Sore hari ini berhasil ditemukan dan dievakuasi tim SAR gabungan. Untuk lokasi penemuan kedua korban terdampar di pesisir pantai,” ujar Asnawi, Jumat (15/3/2024).

Mereka berasal dari Banten berlayar menggunakan Kapal Mugi Jaya. Kapal tersebut dilaporkan sempat mengalami mati mesin karena kehabisan bahan bakar pada Rabu (13/3/2024) malam.

Keempat ABK itu sempat terjun ke laut bermaksud menuju daratan. Dua ABK bernama Kartani alias Acil dan Rasita berhasil sampai daratan. Sedangkan dua lainnya hilang.

Operasi pencarian langsung dilakukan setelah adanya laporan hilangnya dua ABK tersebut. Operasi difokuskan di daratan karena pencarian di perairan terkendala cuaca buruk dan keduanya akhirnya ditemukan Jum’at kemarin.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *