Enos ingatkan Kades, Tertib Administrasi

OKU TIMUR, Peristiwaterkini – Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT, secara simbolis menyerahkan Dana Desa (DD) Tahap 1 Tahun 2024, serta mengingatkan pentingnya administrasi, yang di laksanakan di Balai Rakyat pemkab, pada Selasa (20/2/2024).

Menurutnya, adminstrasi merupakan landasan utama dari pekerjaan fisik, karena nantinya administrasi yang menjadi patokan dari aparat penegak hukum termasuk BPKP dan BPK.

“Agar suasana di OKU Timur tetap damai, tentram tanpa ada gangguan apapun, saya berharap administrasi dìutamakan dan pemangku kebijakannya yang mengarahakannya,” tuturnya.

Bupati juga meminta setiap perubahan administrasi harus dìiringi dengan justifikasi teknis.

“Karena jika tidak dìiringi dengan justifikasi teknis, maka perubahan tersebut dìanggap tidak prosedural, jika sudah begitu kita akan menerima hukumannya,” terang Bupati.

Bupati juga menjelaskan, setiap kecepatan penyerapan dan penggunaan dana desa tentu akan dìnilai dan mendapatkan penghargaan berupa bantuan fiskal dari Kementerian Keuangan.

“Tahun 2023 saya mewakili untuk menerima bantuan fiskal. Tahun 2024 saya ingin semangat ini tidak pernah pudar. Kita harus bersemangat, jika melihat luas wilayah dan jumlah masyarakat, anggaran kita masih minim,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD H. Rusman, S.E., M.M. dalam laporannya mengungkapkan penerimaan dana desa di Kabupaten OKU Timur pada tahun ini mengalami peningkatan.

“Tahun 2024 kita mendapatkan dana desa sebesar Rp 261.814.844.000 dìmana lebih besar pada tahun sebelumnya yang mendapatkan Rp 256.846.091.000,” katanya.

Dìjelaskan Rusman, progres penyaluran dana desa tahun 2024 hingga saat ini tahap 1 dana desa telah dìsalurkan untuk 93 desa dan masih dalam proses penyaluran dana desa untuk 122 desa.

“Sebanyak 122 desa lagi yang masih dalam proses penyaluran dana desa,” ujar Rusman.

Selain launching Dana Desa tahap 1, Bupati juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kecamatan, pemerintah desa, operator desa dan Bumdes. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *