OKU  

Cegah DBD, Puskemas Batumarta Lakukan Fogging Di Setiap Desa

OKU, Peristiwaterkini – Dinas Kesehatan kabupaten OKU, Sumatra Selatan mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui upaya Fogging atau pengasapan, Senin (5/2/2024).

Salah satunya dilakukan dikecamatan Lubuk Raja, kabupaten OKU, yang melakukan penyemprotan fogging di seluruh desa yang ada di kecamat lubuk raja.

kepala Puskesmas (Kapus) Batumarta Dr Dwi Fenty Atri saat ditemui disela sela kegiatan fogging di desa Batumarta I mengatakan, hari ini kita melakukan memyemprotan Fogging di beberapa desa.

“Penyemprotan Fogging dilakukan disetiap fasilitas umum,seperti masjid, perkantoran, sekolah dan launnya,yang paling utama di tempat warga yang sudah terjangkit DBD,” katanya.

Dilanjutkan Kapus Atri, saat ini terdapat 4 kasus warga yang terjangkit DBD di kecamatan Lubuk Raja, dan semuanya sudah di pulangkan.

“ada 4 kasus DBD di kecamatan ini, semuanya yang terjangkit sudah di rawat dan sudah di pulangkan, namun suspeknya banyak, untuk mengantisipasi agar tidak menular ke warga lain kita lakukan pengasapan,” ucapnya.

Sebelum melakukan penyemprotan, petugas puskesmas Batumarta melakukan sosialisasi ke ruamah-rumah, dan memberikan bubuk Abate serta memberikan edukasi kepada keluarga pasien.

Dalam melakukan pengasapan, petugas menggunkan 4 mesin Fogging yang di gunakan, kegiatan ini dilakukan selama 3 hari untuk pengasapan di 7 desa yang ada di kecamatan Lubuk Raja.

Sementara itu Kepala Bidang  Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Andi Prapto Skm.M ditemui Portal Persitiwaterkini.id  saat mendampingi kegiatan tersebut mengatakan, terdapat kasus DBD di kecamatan ini, kita lakukan Pengasapan.

“terdapat beberapa kasus di kecamatan ini, dan kita langsung melakukan pemFoggingan, selain itu kita juga memberikan himbauan, pada initinya memberantas sarang nyamuk di sekitar,” ungkapnya.

harapanya dengan kegiatan ini dapat memutus mata rantai penyakit DBD. “Dalam kasus ini DBD yang masih tinggi terdapt di Kecamatan Baturaja Barat dan Timu,” pungkasnya.

Dalam kegitan ini melibatkan semua unsur yang ada di kecamatan Lubuk Raja, yaitu pihak puskesmas Batumarta, Pemerintah kecamatan, pemerintah desa, TNI dan Polri. (gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *