OKU Timur Masuk 10 Besar Rawan Politik Uang

Foto website Resmi Bawaslu RI

OKU TIMUR, Peristiwaterkini – Kabupaten OKU Timur tahun ini masuk dalam 10 besar kabupaten atau kota di Indonesia yang rawan politik uang di pemilu 2024.

Terlihat dalam daftar yang dikeluarkan Bandan Pengawas Pemilu (Bawaslu) R, OKU Timur terdaftar di nomor urut 6 setelah Kabupaten Lampung Tengah.

Dari situs resmi dan akun media sosial Bawaslu RI, mengatakan OKU Timur berada di bawah Lampung Tengah dan berada di atas Kepulauan seribu, DKI jakarta.

Hal ini tentu saja menjadi perhatian serius Bawaslu OKU Timur untuk lebih meningkatkan pengawasan sebagai salah satu penyelenggaraan pemilu 2024 ini.

Ketua Bawaslu OKU Timur Sunarto saat dikonfirmasi awak media terkait hal ini, berdalih bahwa data tersebut sudah ada sebelum dirinya duduk sebagai ketua Bawaslu.

“Ya, daftar yang ada di Bawaslu RI tersebut data yang dibuat pada tahun 2020 lalu, data itu sebelum saya duduk menjadi ketua Bawaslu OKU Timur,” dalihnya, Kamis (28/12/2023).

Terkait politik uang yang di sebutkan Bawaslu RI, ia menambahkan bahwa Bawaslu OKU Timur sudah melakukan Sosialisasi kepada seluruh Calon Legislatif (Caleg) agar tidak melakukan hal tersebut.

“Sudah kami lakukan sosialisasi waktu di KPU, dan sudah di jelaskan, apabila caleg ketahuan melakukan politik uang, kami akan memberhentikan pencalonannya,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan, apabila masyarakat ketahuan menerima uang dari hasil Caleg tersebut, maka Bawaslu akan memberikan sanksi tegas.

“Apabila terdapat masyarakat menerima yang dari hasil politik uang, Bawaslu akan memberikan sanksi tegas sesuai dengan pelanggaran Pemilu,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *