Enos Tinjau Jalan Simpang Batumarta X Menuju Bantan

Foto ist : bupati Enos pose bersama masyarakat

OKU TIMUR, Peristiwaterkini – Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T meninjau pembangunan ruas jalan Simpang Batumarta X menuju Bantan dengan kendaraan yang diperkirakan selesai 95 persen progresnya, Rabu (27/12/2023).

Dalam kesempatan ini, Bupati Enos didampingi oleh Kepala Dinas PUTR Ir. Aldi Gurlanda, M.M., Kepala Dinas Perhubungan Rayenaidi, S.T., M.M., Camat Madang Suku III Heri Kurniawan, S.T, dan Camat BP Peliung Arsad, S.E.

Di bawah kepemimpinan Ir. H. Lanosin, M.T sebagai Bupati OKU Timur, Pembangunan infrastruktur terutama jalan kemajuannya semakin pesat.

Hal ini terbukti dengan rampungnya jalan ruas simpang Batumarta X menuju Bantan, Pekerjaan Preservasi Rekonstruksi Jalan Ruas Simpang Batumarta X ke Bantan ini hampir rampung dengan perkiraan 95%.

Dengan masa kerja sampai 31 Desember 2023, dengan menggunakan Anggaran APBN 2023 berdasarkan Instruksi Presiden.

Panjang jalan yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR lebih kurang 7 km plus Drainse dan Box Culvert pada beberapa spot.

Sebelumnya, Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur dengan Dana APBD telah berupaya melaksanakan pekerjaan jalan tersebut hingga 3 km dengan lebar 5 m.

Namun untuk bisa menuntaskan sampai dari Bantan menuju Batumarta X memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

Sehingga Kepala Dinas PUTR Aldi Gurlanda dan Tim diundang ke Jakarta melalui balai besar pelaksanaan jalan untuk mengusulkan beberapa ruas long segmen.

Dimana yang dipilih adalah skala prioritas yaitu Ruas Batumarta X – Bantan, yang menghubungkan jalan kabupaten ke provinsi dan menuju ke jalan nasional.

Setiba di Lokasi Batumarta X, Bupati Enos dan rombongan langsung disambut hangat warga setempat, Tampak masyarakat begitu senang seraya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Enos dan jajaran yang telah memenuhi keinginan masyarakat mayoritas petani kebun karet.

Dalam pidatonya, Bupati Enos menceritakan ketika dirinya menghadiri sebuah acara di Bantan dan berjanji akan membangun jalan ruas menuju ke Batumarta X, hingga akhirnya hari ini Rabu, tepat pada tanggal 27 Desember 2023, janjinya tersebut berhasil terwujud.

“Alhamdulillah hari ini berkat tangan Tuhan, pembangunan jalan ruas Batumarta X – Bantan hampir selesai, sebelum itu kami telah berupaya melalui APBD pada PUTR, namun masih keterbatasan sehingga hari ini kita saksikan bersama melalui Kementerian PUPR jalan ini dapat terselesaikan,” katanya.

Bupati bersyukur bahwa cita-citanya terwujud untuk mendukung sentra pertanian, sentra perkebunan dan UMKM di daerah tersebut. Usai ditinjau dan diujicoba, dirasakan jalan Batumarta X – Bantan yang begitu mulus dengan lebar jalan, tinggi jalan, dan spesifikasi jalan memuaskan.

Bupati Enos mengaturkan terimakasih kepada Kementerian PUPR melalui Dirjen Bina Marga dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Sumsel.

Terkhusus kepada pemerintah pusat yang telah mengeluarkan Inpresnya, Ia turut mengapresiasi kinerja dan usaha dari Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur yang selalu berkoordinasi dengan pihak Kementerian, tandanya.

Turut hadir dalam rombongan yaitu Dirjen Bina Marga Kementerian PUTR melalui Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumsel diwakili oleh Kabid Preservasi 1 Yudho Dwi Hadiarto, S.T. M.T, Ka Satker PJN 3 Prov Sumsel Fedi Chandra, S.T. M.Sc, dan PPK 3.4 Prov. Sumsel Hastinawati, S.T. M.Sc. serta Konsultan Supervisi dari Gunung Giri dan Kontraktor Pelaksana PT. RKSM. (jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *