Kades Battu Winangun Lantik Kadus, Kadus Wajib Berikan Informasi Ke Masyarakat

OKU, Peristiwaterkini – Kepala Desa Battu Winangun, kecamatan Lubuk Raja kabupaten OKU, Yadi melantik Kapala dusun (Kadus) Cimalaya I Eva Rianti yang di laksanakan di Ruang aula desa pada Kamis (5/10/2023).

Pelantikan Kadus ini dihadiri oleh Camat Lubuk Raja Khairuddin Albar di wakili oleh kasi pemerintah Rano Antoni, kepala KUA Lubuk Raja, Babinsa, Babinkamtibnas desa, BPD, Kadus dan tokoh masyarakat desa Battu Winangun.

Dalam kata sambutanya kepala desa Battu Winangun Yadi mengatakan, Kapala dusun di pilih dengan sistem penjaringan yang sudah diatur oleh panitia atau pihak ketiga dalam pemilihan tersebut.

“Pemilihan kepala dusun berdasarkan penjaringan oleh panitia pemilihan Kadus, saat ini kadus sudah menjadi perangkat desa yang sudah di atur oleh undang-undang,” katanya.

Dilanjutkan kades, Untuk memilih perangkat desa, harus melalui penjaringan atau penyaringan, melalui rekomendasi kecamatan, karena tanpa rekomendasi kecamatan kades tidak bisa memberikan keputusan.

“Untuk melaksanakan penjaringan perangkat desa harus ada rekomendasi dari kecamatan barulah kita bisa melaksanakannya, kades tidak bisa memberikan keputusan jika tidak ada rekomendasi,” jelasnya.

Kemudian kades mengingatkan kepada Kadus, baik yang baru dilantik dan Kadus yang hadir, bahwa Kadus wajib memberikan informasi ke masyarakat jika ada pemberitahuan dari pemerintah desa yang bersumber dari pemerintah daerah maupun pusat yang bersifat informasi.

Sementara itu Camat Lubuk Raja Khairuddin Albar diwakili oleh Kasi pemerintah Rano Antoni mengatakan, untuk menjadi perangkat desa itu tidak mudah, harus melalui proses terlebih dahulu.

“Sebagai perangkat desa itu tidak mudah, apa lagi yang memiliki wilayah, semua warganya harus kita kenal, Kadus harus bersinergi bersama kades , dan wajib bekerjasama untuk kemajuan desanya,” tandas Anton kasi pemerintahan.

Sebelumnya perintah desa Battu Winangun telah melantik 3 perangkat desa, yaitu Kadus kelutum 2 , Kadus despot, dan kasi pelayanan, untuk Kadus Cimalaya I hari ini di laksanakan karena ada penundaan. (gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *