Kebakaran Lahan, Damkar Dan Babin Gunakan Alat Seadanya

Foto : Proses pemadaman api oleh petugas damkar

OKU, Peristiwaterkini – Kebakaran lahan di musim kemarau sering terjadi di wilayah kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU, kali ini kebakaran terjadi di pinggir jalan Balok E Desa Martajaya, Selasa (26/9/2023).

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kecamatan lubuk raja, langsung terjun ke lokasi kebakaran lahan yang berada di pinggir jalan, dan dibantu oleh Beberapa anggota TNI yang bertugas sebagai Babinsa di wilayah kecamatan Lubuk Raja.

Saat tiba di lokasi api sudah menjalar ke seluruh pohon dan ranting yang sudah mengering, petugas damkar lubuk raja langsung menyemprot seluruh pohon yang sedang di lalap api.

Namun api sudah menjalar ke dalam lahan yang merupakan pohon luar yang sudah banyak mengering yang mudah terbakar, perlengkapan damkar saat ini sudah tidak memadai untuk memadamkan api yang terus menjalar.

Dandru Damkar lubuk raja Sunarto mengatakan, saat ini kita tidak bisa memadamkan api dengan peralatan yang sudah tidak memadai ini, kita mengunakan alat seadanya.

“Perlengkapan damkar yang kita pakai sudah tidak memadai lagi, untuk memadamkan api yang sudah menjalar ke dalam kita gunakan ranting kayu untuk memadamkannya,” katanya.

Kami berharap pemerintah bisa melengkapi peralatan damkar di kecamatan Lubuk Raja, karena musim kemarau tahun ini setiap hari sudah ada 2 sampai 3 lahan yang terbakar ke kecamatan ini.

Pemadaman ini di bantu oleh beberapa Babinsa yang ada di kecamatan lubuk raja, salah satunya Babinsa desa Batumarta I kecamatan Lubuk Raja yang turun langsung memadamkan api di lahan milik warga.

“Kita membantu dengan alat seadanya, karena dari damkar sudah tidak ada lagi peralatan ya g di gunakan, untuk mencapai api kedalam lahan juga tidak bisa karena selang yang di gunakan tidak cukup lagi,” ungkapnya.

Dari pantau portal peristiwaterkini.id sepanjang jalan dari desa Martajaya menuju kota Baturaja habis terbakar, terdapat satu lokasi kebakaran masuk kecamatan Baturaja Timur yang sedang menjalar ke lahan milik warga. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *