Kaderisasi Berkelanjutan Pengrajin Anyaman Bambu Ulu Ogan (Bambugan) Binaan PGE Lumut Balai

Foto Bersama Peserta Pengrajin Bambu

Ulu Ogan,Peristiwaterkini.id-Para senior pengrajin bambu generasi pertama binaan PGE berbagi ilmu dengan kader baru dalam menciptakan peluang usaha kemandirian yang diselenggarakan melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Area Lumut Balai tahun 2023 (25/9/2023).

Desa Kelumpang yang berada di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, merupakan Desa Wisata yang berhasil dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif th.2023, yang diawali dengan dukungan dari beberapa program CSR PT Pertamina Geothermal Energy Tbk area Lumut Balai yang telah berjalan sejak 2021 seperti objek wisata belanting river tubing, budidaya kopi ulu ayakh, budidaya durian serta seni kerajinan bambu.

Turut hadir dalam penutupan acara pelatihan kerajinan bambu, Ass. Manager Gov & PR PGE Lumut Balai Ryan Dwi Gustriandha, Pelatihan seni anyaman Kerajinan Bambu ini dipandang perlu berkelanjutan untuk mendukung nilai kearifan lokal desa wisata kelumpang kepada kelompok masyarakat disekitar wilayah operasi PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Area Lumut Balai, untuk dapat memiliki keterampilan seni variasi dengan memanfaatkan rumpun bambu berlimpah yang memiliki nilai ekonomis untuk para UMKM kelompok bambugan di desa wisata ini.

“Pelatihan tahap 2 tahun ini menciptakan 10 kader dari wilayah desa kelumpang & gunung tiga, dimana beberapa pesertanya dari anggota karang taruna, PKK & Pokdarwis Desa Kelumpang yang saat ini berjumlah 20 kader hasil binaan CSR PGE Lumut Balai sejak tahun 2022”, kata Ryan.

 Secara terpisah General Manager PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Area Lumut Balai Hadi Suranto menyatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program CSR unggulan PGE dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat untuk daya bangkit pertumbuhan ekonomi dan pengembangan sektor pariwisata desa kelumpang. Dengan peran serta kontribusi PGE yang berkelanjutan ini diharapkan mampu mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat disekitar lingkungan operasi PGE. Potensi ketersediaan bambu yang melimpah, dengan pelatihan yg berkelanjutan diharapkan qualitas dan keragaman hasil kerajinan bambu akan meningkat dan diminati masyarakat sehingga bisa memberikan nilai tambah secara ekonomi.

Camat Ulu Ogan Eldaniati menyampaikan, bahwa pontensi alam di wilayah Kecamatan ulu ogan ini  sangat mendukung untuk dijadikan seni kerajinan. Tinggal modal usaha dan keterampilan yang perlu didukung perusahaan agar kelompok kerajinan bambu dapat terus exis berkarya. “Terimakasih dan apresiasi atas program CSR PGE Lumut Balai berkelanjutan yang telah dilakukan, hal ini merupakan kegiatan positif untuk masyarakat kecamatan ulu Ogan khususnya untuk masyarakat desa Kelumpang dan Gunung Tiga, semoga dengan kegiatan pelatihan kerajinan bambu ini bisa meningkatkan perekonomian dan kreativitas masyarakat di kecamatan ulu ogan”, tegasnya.

Menurut Kepala Desa Kelumpang Arhadihak, “Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan PT Pertamina Geothermal Energy Area Lumut Balai sangat bagus, diharapkan para peserta terus tekun berlatih dan tetap semangat belajar untuk mengembangkan  keterampilan diri hingga seni kerajinan ini memiliki nilai jual untuk meningkatkan daya tarik pengunjung di Desa Wisata kami”.(Pwo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *