OKU, SUMSEL  

Hindari Korupsi, Kejaksaan Negeri OKU Gelar Kegiatan Pembinaan Dan Sosialisasi Dana Desa

Foto ist: seluruh kades SE kabupaten OKU ikuti sosialisasi

OKU, Peristiwaterkini – Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Pengelolaan Anggaran Dana Desa untuk mengindari terjadinya Tindak Pidana Korupsi.

Kegiatan ini diikuti oleh 13 camat dan 143 kepala desa se-kabupaten OKU yang berlangsung di Aula Kantor Pemerintahan Daerah Kab. Ogan Komering Ulu (25/09/2023).

Turut dihadiri dalam kegiatan ini yaitu Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu Choirun Parapat,S.H.,M.H., PJ Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah, Kadin PMD Kab.OKU Nanang Nurzaman, SIP., M.Si., dan Inspektur di Inspektorat Kab OKU.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini, perangkat desa dapat mengelola dana desa dengan baik, transparan, dan akuntabel, serta menghindari penyimpangan dan penyalahgunaan dana desa,” kata Kepala Kejaksaan Negeri OKU Choirun Parapat,S.H.,M.H. dalam sambutannya.

Sementara itu Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dalam sambutannya berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman terkait ketentuan-ketentuan dalam pengelolaan dana desa.

Sehingga, lanjutnya, dapat mencegah penyimpangan dalam pengelolaan Dana Desa, dan agar perangkat desa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-biaknya dan mengikuti sosialisasi ini dengan serius.

Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari OKU Variska Ardina Kordiansyah,S.H.,M.H menyampaikan penyimpangan dana desa dan unsur dalam penyimpangan.

“penyimpangan dana desa biasanya terjadi karena adanya unsur kesengajaan dan bisa juga tidak disengaja atau tidak punya niat melakukan penyimpangan,” ungkapnya.

Dalam hal ini kurangnya pemahaman dalam pengelolaan dana desa sehingga dapat membuat kesalahan yang merugikan keuangan negara.

“Oleh karena itu kejaksaan hadir untuk mencegah hal tersebut, Jaksa Garda Desa hadir melakukan pengawasan bahkan membuka ruang konsultasi kepada kepala desa beserta perangkatnya,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *