Satu Perampok Indomaret Lubuk Batang kab OKU Ditangkap, 2 Tersangka Dalam Pencarian

OKU, Peristiwaterkini – Satu dari Tiga Perampok Indomaret yang ada di Desa Lubuk Batang Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU yang terjadi pada Selasa (19/9/2023) lalu akhirnya tertangkap oleh polisi sekira pukul 23.20 WIB.

Tersangka sendiri diketahui bernama M Dedek Pernando (19), yang ditangkap oleh Tim Resmob Singa Ogan Polres OKU tak jauh dari rumahnya yang berada di Desa Lubuk Batang pada Rabu (20/9/2023) sekitar pukul 13.00 WIB.

Anggota berhasil mengamankan barang bukti dari tangan tersangka berupa 1 jaket warna hijau berpenutup kepala, 2 bungkus rokok Sampoerna 16 dan uang tunai sebanyak Rp 3,8 juta.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono melalui kasi Humas AKP Budi Santoso mengatakan, kejadian berawal pada Selasa (19/9/2023) sekitar pukul 19.00 WIB, tersangka Dedek sedang nongkrong bersama teman – tema nya di stasiun.

Saat melihat tersangka WW dan AN (inisial keduanya buron), memanggil dan langsung dihampiri oleh tersangka Dedek.

“Tersangka yaitu WW lantas mengajak keduanya merampok Indomaret, dan menyuruh tersangka Dedek membawa pisau,” jelasnya, pada Jumat (22/9/2023).

Lalu, tersangka Dedek pulang mengambil sebuah pisau parang kemudian menemui tersangka WW dan AN di lokasi yang sama, dan ketiganya langsung menyusun rencana serta membagi tugas.

Tugas AN yaitu menunggu di luar Indomaret, sedangkan Dedek dan WW masuk ke dalam Indomaret untuk beraksi.

“Ketiga pelaku ini pertama mengamati Indomaret yang akan mereka rampok, ketika kedua pegawai akan menutup pintu rolling door toko, kedua tersangka Dedek dan WW langsung menghampiri sambil menodongkan parang kepada kedua pegawai,” katanya

Selanjutnya, kedua tersangka tersebut meminta pegawai masuk kedalam Indomaret setelah berada di dalam, tersangka Dedek disuruh menunggu di dekat kasir, sedangkan WW menuju ke belakang tempat penyimpanan brangkas.

“WW juga mengancam salah satu karyawan menggunakan senjata tajam jenis kuduk, sambil meminta ditunjukan lokasi brangkas, sekitar 10 menit WW keluar sendirian sambil membawa kantong berisi uang,” ungkapnya.

Tidak sampai itu saja, lanjut kasi Humas, tersangka juga menggasak beberapa bungkus rokok di belakang meja kasir, kemudian ketiga pelaku langsung kabur dengan menggunakan sepeda motor matic milik tersangka AN.

Dari keterangan tersangka Dedek, usai dari merampok Indomaret kemudian mereka berkumpul di sebuah pondok yang biasa di jadikan markas, kemudian tersangka WW membagikan uang hasil rampokan.

Untuk Dedek dan WW masing masing mereka mendapatkan Rp 5,3 juta, sedangkan AN hanya mendapatkan bagian Rp 500 ribu, dikarenakan berperan menunggu di luar.

“Usai dari merampok, tersangka Dedek dan WW membuang senjata tajam yang mereka gunakan untuk merampok ke sungai,” jelasnya.

Sementara itu usai kejadian korban yaitu PT Indomarco Prismatama, melaporkan ke Polres OKU, untuk segera di tindaklanjuti, sehingga berhasil meringkus tersangka Dedek.

“Satu pelaku baru di tangkap, saat ini tim singa Ogan masih mengejar kedua pelaku lainnya,” ujarnya. Saat ini peristiwa ini, tersangka Dedek dikenakan pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) dan terancam hukuman di atas 5 tahun penjara. tandanya (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *