Dapur Masuk Sekolah, Kurangi Angka Stunting Di 5 Provinsi Wilayah Kodam II Sriwijaya

OKU, Peristiwaterkini – Untuk meningkatkan gizi anak, dan mengurangi angka stunting yang ada di Indonesia Kodam II Sriwijaya meluncurkan program unggulan yaitu Dapur Masuk Sekolah.

Pembukaan atau launching program di selenggarakan di Kodam II SRIWIJAYA Palembang yang di buka langsung oleh Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar adil yang di ikuti oleh seluruh kabupaten di 5 provinsi Sumatra Selatan secara virtual, pada Jumat (22/9/2023) di Palembang.

Di kabupaten OKU di selenggarakan di Kecamatan Lubuk Raja tepatnya di SDN 27 OKU oleh kodim 0403/OKU Letkol lnf Harri Feriawan Rumawatine yang di ikuti oleh jajaran Danramil OKU, serta kecamatan, pemerintah desa serta sekolah dan mara siswa SDN 27 OKU

Foto Peristiwaterkini: kegiatan launching Dapur Masuk Sekolah di laksanakan secara virtual dan diikuti oleh jajaran kodim 0403/OKU dan Tamu undangan di halaman SDN 27 OKU.

Dandim 0403/OKU Letkol lnf Harri Feriawan Rumawatine, dalam kata sambutanya mengatakan, kegiatan ini di selenggarakan oleh Kodam II Sriwijaya pelembang dan diikuti oleh 5 provinsi yang melaksanakannya, yaitu di provinsi Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Sumsel dalam jajaran Kodam II Sriwijaya.

“Kegiatan ini intinya untuk memperkecil presentase Anka stunting yang ada di negara ini, sehingga dari Kodam II Sriwijaya melaksanakan program Dapur Masuk Sekolah,” katanya.

Dilanjutkannya, hampir seribu sekolah akan kita laksanakan dalam program ini untuk wilayah OKU Raya ini, kegiatan ini akan di selenggarakan setiap hari Jumat.

“Dengan adanya kegiatan ini mudah – mudahan jumlah stunting di OKU bisa berkurang, guna menyongsong masa depan yang lebih baik untuk generasi yang lebih produktif lagi, momen ini diharapkan bisa terlaksana,” jelasnya.

Terpisah kepala dinas pendidikan kabupaten OKU H Topan Indra Fauzi mengatakan, kegiatan ini sangat bagus untuk meningkatkan gizi anak anak kita yang ada di OKU.

“Program ini sangat bagus untuk di OKU, dan akan kita tindak lanjuti juga ke setiap sekolahan yang ada di kabupaten OKU,” ucapnya.

Usai kata sambutan Dandim 0403/OKU Letkol lnf Harri Feriawan Rumawatine dan mengikuti kegiatan Kodam II Sriwijaya secara virtual, kegiatan di lanjutkan dengan penyerahan makanan bergizi kepada siswa siswi SDN 27.

Setelah itu kegiatan di lanjutkan dengan makan bersama yaitu dengan siswa berjalan menuju Dapur yang sudah di siapkan oleh anggota TNI di depan sekolah untuk mengambil dan makan bersama.

Sementara itu kepala sekolah SDN 27 OKU Salam SPd mengatakan dengan adanya kegiatan ini kita bisa meningkatkan gizi siswa siswi sekolah ini keren kita tidak tahu asupan makan di rumah mereka.

“di rumah tidak tau dengan menu seperti apa yang mereka makan, sekarang siswa/i jadi tahu makan yang bergizi itu ada sayur dan ada susu dirumahnya mungkin tidak pernah,” ungkapnya.

Harapnya dengan adanya kegiatan ini iya berharap tidak hanya saat ini saja, namun kegiatan ini bisa berkelanjutan terus hingga angka bangsa ini terjamin gizinya, pungkasnya (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *