Tim SMAN 2 OKU Borong Tropi Gebyar SMANSAGEL 2023

OKU, Peristiwaterkini – SMA Negeri 2 Ogan Komering Ulu (OKU), menjadi satu-satunya SMA di Kabupaten OKU yang diundang dalam acara Gebyar Lomba Olahraga Antar SMA se-Sumsel Digelar di SMAN 1 Gelumbang (SMANSAGEL) Kabupaten Muara Enim Pada Rabu (06/09/2023).

Gelaran kegiatan ini bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-33 SMA Negeri 1 Gelumbang. Berlangsung mulai tanggal 6 sampai 9 September 2023, dengan memperlombakan cabang olahraga dan seni-budaya antar sekolah se Sumatera Selatan.

Pada perhelatan ini, SMA Negeri 2 OKU mengirim atlet untuk cabang bola voli dan olahraga tradisional (oltrad).

Berlomba dan bertanding secara maraton, Tim Smanda, begitu sebutan populernya, berhasil mendominasi bahkan nyaris memborong semua juara yang dipertandingkan.

Tim Voli Smanda berhasilkan menyandingkan Juara 1 untuk putra dan putri. Meningkat dari hasil tahun lalu yang meraih Juara 1 untuk putri dan Juara 2 untuk tim putra.

Sementara itu, pada perlombaan olahraga tradisional, Tim Smanda memborong juara pada semua cabang yang diikuti.

Adapun hasil yang membanggakan pada cabang olahraga ini diantaranya, Cabang Ketapel meraih Juara 1 putra, Juara 2 putri, dan juara 3 putri.
Cabang Bakiak atau terompah panjang, meraih Juara 1 putra, Juara 3 Putra dan Juara 1 Putri.
Cabang Egrang meraih Juara 1 Putri, juara 2 putri, dan Juara 3 putri. Sementara itu untuk cabang Egrang putra, Smanda tidak mengirimkan atletnya karena sakit.

Gebyar Smansagel 2023 dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumsel (baca: Drs. H. Sutoko, MM). Dihadiri juga oleh Ibu Samantha Tifani Herman Deru, selaku Ketua KORMI Sumsel.

Menjadi agenda resmi tahunan yang tercatat di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Walaupun bukan bagian dari agenda KONI atau Dispora Sumsel, menjuarai kegiatan pada even ini tentu sangat prestisius dan membanggakan, karena peserta yang hadir hampir mewakili semua kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Agus Viansyah sebagai penanggung jawab kegiatan, menyatakan bahwa gelaran kegiatan ini sudah berlangsung sejak sekolah ini berdiri tahun 1990. Akan tetapi menghadirkan SMA dan SMK dari luar Muara Enim baru terjadi di era kepemimpinannya di sekolah ini, yaitu mulai tahun 2014 hingga sekarang.

Pada kesempatan lain, Kepala SMAN 2 OKU yang turut menyaksikan dari pembukaan Gebyar Smansagel ini menyatakan rasa bangganya atas raihan prestasi yang diitorehkan duta Smandaku.

“Saya selalu mendukung setiap kontestasi yang melibatkan siswa di sekolah, karena itulah buktinyata konsistensi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah”, demikian ungkapnya.

Agus juga menjelaskan, bahwa selain untuk nama baik sekolah, dukungan terhadap kegiatan lomba yang diikuti peserta didik, akan melengkapi rekam jejak siswa yang bisa mendukung proses penerimaan mereka di perguruan tinggi, khususnya yang dijaring lewat jalur undangan (tanpa tes, red), pungkas Agus.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *