OKU, SUMSEL  

Polres OKU Gelar Operasi Zebra Selama 14 Hari

OKU, Peristiwaterkini – Operasi Zebra Musi 2023 bulan ini kembali di gelar di beberapa titik jalan yang ada di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

OPS zebra Musi ditandai dengan apel gelar pasukan, yang di pimpin oleh Kapolres OKU AKBP Arif Harsono SIK MH, di wakili oleh Kabag OPS Kompol Liswan Nurhafis SH di halaman polres OKU, (4/9/2023).

“Operasi Zebra tahun ini akan di laksanakan secara serentak, untuk di Polda Sumsel operasi ini di sebut dengan Zebra Musi 2023,” ucap Kabag OPS Kompol Liswan pada awak media.

Operasi Zebra akan di laksanakan selama 14 hari kedepan mulai tanggal 4 hingga 17 September 2023, untuk pengguna kendaraan Baim roda dua dan empat agar mematuhi dan melengkapi surat- surat kendaraan.

“Sasaran operasi Zebra yaitu orang, lokasi, barang/benda, dan kegiatan secara tematik, dengan mengedepankan Edukatif, Persuasif dan Humanis,” jelasnya.

Dalam operasi ini di dukung dengan tindakan penegakan hukum baik statis maupun mobile, serta teguran simpatik dalam rangka meningkatkan Disiplin dalam berlalu lintas.

Target penegakan hukum dalam operasi Zebra yang di prioritaskan ada 7 pelanggaran kasat mata, yaitu pengendara motor yang tidak menggunakan helm SNI.

Pengguna kendaraan yang melawan arus lalu lintas, menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, pengendara melebihi kapasitas yaitu 3 orang untuk roda dua.

Pengendara yang tidak menggunakan TNKB/Plat Nomor Polisi yang tidak sesuai dan pengendara yang menerobos rambu – rambu lalu lintas.

“Operasi ini dilakukan dengan Humanis, anggota tetap memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pengendara dengan senyum (3S), sapa dan salam,” tandasnya.

Tidak hanya memberikan kenyamanan dengan 3S , dalam operasi ini anggota juga melakukan peneguran serta tetap melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas yang ada di 7 poin yang di prioritaskan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *