Segera Lakukan Proses PAW, F-PKB Desak DPRD OKU

OKU, Peristiwaterkini – Soal PAW, paripurna DPRD OKU ganti suasana, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) desak unsur pimpinan gelar agenda pengangkatan dan pengambilan sumpah jabatan Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa jabatan anggota DPRD OKU.

Hal ini diketahui, saat di Gelar paripurna IV DPRD OKU Masa sidang ke III tahun 2023, dengan agenda laporan Pansus RPP APBD 2022, berlangsung dramatis.

Paripurna yang di gelar Senin (31/7/2023) malam itu, menghiasi ‘drama penarikan’ anggota DPRD OKU dari Fraksi Kebangkitan.

Interupsi demi interupsi bermunculan menghiasi kerumunan paripurna, hingga harus berujung skorsing persidangan. Bermula Di menit ke 10 awal paripurna digelar. Politisi PKB Robi vitergo memberikan interupsi terkait laporan pansus.

“interupsi ketua, untuk laporan pansus tidak perlu dibacakan tapi langsung disampaikan,” ujar Politisi PKB itu. Usulnya pun mendapat sambutan dari 21 anggota DPRD yang hadir dalam paripurna itu.

Usai seluruh laporan pansus RPP APBD 2022 disampaikan, interupsi kembali muncul menjelang pernyataan kesepakatan atas atas RPP APBD secara lisan. Bahkan dari interupsi ini jalannya sidang paripurna DPRD OKU harus di skor selama 10 menit,  guna mencapai kata sepakat.

Setelah 10 menit di skor, dan paripurna dilanjutkan, Disinilah drama penarikan anggota DPRD OKU.

“interupsi pimpinan, sebelum kesepakatan fraksi fraksi, mohon kiranya dibacakan surat yang masuk ke saudara ketua, dari fraksi PKB,” tambah Robi.

Gayung bersambut, Ketua DPRD OKU meminta Plt Sekretaris DPRD OKU Iwan Setiawan membacakan surat yang masuk ke unsur pimpinan DPRD OKU. Terdapat dua surat yang dibacakan Plt Sekwa OKU. Kedua surat tersebut mengisyaratkan penarikan anggota DPRD OKU dari Fraksi PKB, dan desakan untuk menyegerakan proses pelantikan PAW.

Surat bernomor 033/FPKB/DPRD/2023 perihal penarikan anggota Fraksi di Alat kelengkapan dewan yang Dilayangkan fraksi PKB atas pindah partainya Politisi Muda Densi Hermanto dari partai kebangkitan bangsa.

Usai dibacakan kedua surat itu, ketua DPRD OKU Ir H Marjito Bahri menyatakan pihaknya telah menggelar rapat pimpinan terkait pengagendaan pelaksanaan Paripurna PAW.

“tadi sudah dibacakan, unsur pimpinan sudah menggelar rapim terkait PAW anggota DPRD OKU,” tutur Marjito.

Sementara sidang paripurna DPRD OKU kali ini tergolong singkat. Bahkan paripurna tersebut berlangsung kurang dari 1 jam.

Pencapaian kesepakatan atas RPP APBD 2022 disepakati, dengan ditanda tangannya draft kesekatan bersama Anggota DPRD OKU dengan Pemerintah Kabupaten OKU, yang disaksikan sejumlah pemangku kebijakan di kabupaten OKU.

Antara lain Kepala Kejaksaan Negeri Baturaja, Perwakilan Kejaksaan Negeri Baturaja, Kapolres OKU yang diwakili oleh Wakapolres OKU, dan Unsur dari Komando distrik militer (Kodim) 04/03 OKU.

Terpisah, Humas DPRD OKU Iqbal Ramadhan saat ditemui jaringan Peristiwaterkini.id menyatakan, permintaan segera menyusun penjadwalan pelaksanaan pelaksanaan Paripurna Pergantian Antar Waktu sisa masa jabatan 2019-2024 untuk anggota DPRD OKU.

“dioptimalkan di bulan ini (agustus) masa, sebenarnya bukan kapasitas kami yang bicara, tapi tadi kita tahu dan sudah disampaikan dalam paripurna tadi, artinya akan segera dijadwalkan, seperti itu,” tutup Iqbal (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *