OKU, SUMSEL  

PDAM Tirta Raja Tak Ada Deviden, ini Kata Politisi PKB OKU

OKU, Peristiwa – setelah mencuatnya cerita kebocoran PAD alias tak adanya deviden dari usaha pengelolaan air minum yang di pegang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raja saat paripurna DPRD OKU beberapa waktu lalu, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Robi Vitergo angkat bicara.

Menurutnya, kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu, tak hanya terjadi pada PDAM, namun terjadi pada Perusahaan daerah, selain PDAM.

“sebenarnya, Bukan Cuma PDAM, tapi PD PD yang lain juga sama,” kata Robi Vitergo saat dijumpai jaringan Peristiwaterkini.co.id senin (31/07/2023).

Dirinya menilai, perlu dilakukan audit menyeluruh terkait kondisi yang terjadi pada perumda yang ada di kabupaten OKU.

“yang sekarang naik itu Cuma BPR, dan sektor Perbankan, bagaimana dengan PD Pasar dan PD Gemilang misalnya,” celetuk Robi.

Robi menganalisa, factor utama kebocoran PAD Dari perusahaan daerah itu terletak pada Sumber Daya Manusia. Termasuk system tata kelola dan alat bantu kerja (tools). Sehingga dirinya meyakini perlu adanya semacam audit secara menyeluruh.

“misalnya penataan pasar, bagaimana penataan kalau tata kelolanya masih buruk, artinya revitalisasi dari dalam itu penting,” terang Robi

Sementara diketahui sebelumnya, dalam pengantar RPPA yang disampaikan Penjabat Bupati OKU beberapa waktu lalu, dari 3 perumda yang ada, hanya PDAM Tirta Raja saja yang tak menghasilkan Deviden yang dibagi untuk menopang PAD kabupaten OKU. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *