OKU, SUMSEL  

HD Resmikan Kampung Budidaya Ikan Gabus Di OKU

OKU, Peristiwa – Untuk mempertahankan pelaksanaan program gerakan sumsel Mandiri Pangan (GSMP), Gubernur Sumsel H Herman deru meresmikan Kampung Budi Daya Ikan Gabus, di desa Matrajaya Kecamatan Lubuk Raja Kabuoaten OKU Sumsel, Sabtu (29/07/2023).

Gubernur Deru mengapresiasi dan tutur bebangga hati dengan trobosan dan inovasi ini.

Pasalnya, ikan gabus atau yang dikenal dengan Nama ilmiahnya Channa striata, termasuk ikan kanibalis dan liar. Keberadaannya banyak tersebar di berbagai daerah, namun dapat diproduksi masal.

“Proses hingga menjadi bibit, tentu tidak mudah, saya bangga atas inisiasi serta inovasi masyarakat pada momen Hari Jadi Kabupaten OKU.,” Tutur deru.

Peresmian demplot budidaya ikan gabus ini dilaksanakan Seusai pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa DPRD OKU dalam rangka Hari Jadi ke -113 Kabupaten OKU.

Menurutnya, dirinya mengaku bangga atas hasil inovasi masyarakat karena dapat menghasilkan karya yang berharga dengan adanya Budidaya Ikan Gabus. Hal ini menambah pengetahuan masyarakat begitu pentingnya ikan bagi kesehatan 

“Teruslah dilakukan, program ini sesuai dengan yang kita canangkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP)”ujar HD.

Lanjut HD, Manfaat ikan gabus dashyat sangat mengandung protein tinggi dan sangat berguna untuk kesehatan seperti obat Dexa paling tinggi memiliki albumin.

Manfaatnya dalam menurunkan angka Stunting hingga diwajibkan makan ikan dan berprestasi menurunkan angka Stunting di OKU serta kita diingatkan tetap bonus antisipasi demografi, terangnya.

Dirinya menambahkan, Hal yang wajar Kelompok Karya Mandiri mendapat penghargaan dari pemenangan.

“Soal ikan menjaga eksistensinya, kita harus tahu ada inovasi seperti ikan di kehidupan alamnya dan saya berharap Oku sebagai Pelopor budidaya ikan” tutup HD

Pada kesempatan itu Gubernur Herman Deru melakukan Penyerahan bantuan secara simbolis Benih Ikan, Mesin Pakan dari Kementrian Kelautan Perikanan RI, Bantuan Sapi, bibit Alpukat Dan Bawang Dari Kementan Pertanian, Bantuan Sarana Dan Prasarana Budi Daya Ikan Dari Pemkab OKU dilanjutkan persemian serta panen ikan gabus

Sementara itu Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah mengatakan, Pemkab OKU telah berupaya melakukan inovasi membudidayakan ikan gabus secara intensif sejak tahun 2018 bersama kelompok-kelompok pembudidaya ikan gabus dan penyuluh perikanan.

Inovasi ini tak lain mengubah pola hidup ikan gabus yang dikenal sebagai ikan predator dan hidup liar di alam menjadikan ikan yang dapat dipijahkan dan dibudidayakan di dalam kolam.

“inovasi ini bertujuan memperbaiki derajat kesejahteraan masyarakat serta membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha perikanan dan menambah penghasilan kelompok pembudidaya ikan,” terang tedi.

Selain itu juga untuk membantu masyarakat membentuk sentra perikanan di Desa Marta Jaya dan meningkatkan produktivitas bidang perikanan dan mendukung stok kebutuhan ikan di tingkat lokal. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *