Noak Ketua SPTJR Dukung Usulan SIM Berlaku Seumur Hidup

JAKARTA, Peristiwaterkini.id – Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) membuat banyak kerugian pada masyarakat, Ketua Umum SPTJR (Serikat Pekerja Transportasi Jalan Raya) Noak Banjarnahor, mendukung usulan SIM berlaku seumur hidup.

Noak menilai perpanjangan SIM membuat kerugian, karena harus mengeluarkan biaya tinggi serta tenaga dan waktu untuk proses memperpanjang masa berlaku SIM.

“Sudah menjadi rahasia umum selama ini kalau membuat dan memperpanjang SIM cenderung sulit, dan menyebabkan banyak pemohon SIM terpaksa harus melalui jalur “tembak,” kata Noak saat di hubungin portal berita ini melalui WhatsApp. Sabtu (8/7/2023).

Sebagaimana Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPR RI dengan POLRI, Rabu (5/7/2023) yang lalu, Benny K. Harman meminta agar Surat Izin Mengemudi (SIM) dapat berlaku seumur hidup. Menurut Benny masa berlaku SIM cuma lima tahun hanya menjadi alat mencari duit.

“Kalau itu bagian pelayanan, mestinya tidak boleh ada lagi masa berlakunya SIM. Harus seumur hidup. Kalau setiap lima tahun itu kan alat cari duit,” ucap Benny saat rapat.

Ia mendorong Polri untuk menghapus masa berlaku SIM lima tahun sehingga menjadi seumur hidup. Baginya perpanjangan SIM berkali-kali merupakan hal yang tak perlu.

“Tadi kalau Bapak konsisten (dengan pernyataan SIM bukan target PNBP), dan saya dukung, hapus itu (masa berlaku SIM). SIM satu kali saja ujian. Itu kalau mau benar,” ungkap Benny.

“Tapi kalau mau cawe-cawe, polisi mau cawe-cawe di SIM itu caranya, perpanjang SIM. Cabut itu perpanjang SIM, satu kali dikasih seumur hidup. Tapi kontrolnya adalah ujian tadi. Kecuali kalau tingkatkan SIM A ke SIM B itu silakan ujian,” ucapnya.

Permintaan Benny ini sekaligus merespons pernyataan Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi mengenai SIM seharusnya tidak dijadikan target pemasukan.

Dalam rapat itu, Firman sebelumnya mengatakan proses pembuatan SIM seharusnya tidak menjadi pemasukan lewat Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Ia khawatir dengan dijadikan target PNBP, praktik jualan SIM akan kembali marak.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *