Setelah OKU Timur, Kirab Pemilu 2024  Dilajutkan Di Kab OKI

OKI, Peristiwaterkini.id – Bendera Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah diterima di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) setelah sebelumnya di bawa oleh rombongan KPU kabupaten OKU Timur pada Sabtu (1/7/2023).

Dalam Acara Kirab Pemilu tahun 2024, sebanyak delapan belas bendera partai politik (parpol) tiba di kabupaten OKI.

Kegiatan ini adalah acara seremonial kirab dalam program nasional yang dilakukan dalam menyongsong 1 tahun menuju peringatan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Ketua KPU OKI Deri Siswandi SIP, MSi mengatakan, pelaksanaan kegiatan pemilu 2024 bakal di selenggarakan mulai tanggal 1 sampai dengan 6 Juli 2023, kirab Pemilu 2024 merupakan agenda sosialisasi kepada seluruh masyarat yang ada di kabupaten OKI dan kegiatan ini merupakan agenda nasional.

“Kirab Pemilu 2024 ini sekaligus sebagai salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi, agar partisipasi masyarakat dapat meningkatkan, serta  kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak suara dalam Pemilu serentak 2024,”katanya.

Dilanjut ketua KPU OKI, kirab ini merupakan salah satu rangkaian agenda sosialisasi kepada seluruh masyarakat bahwa Pemilu sebentar lagi akan dimulai, sebagaimana yang sudah diamanahkan oleh KPU RI. 

“Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Namun tahapannya sudah berjalan, tapi bagi masyarakat pemilih, tentunya gaung ini sudah harus kita lancarkan. Supaya kawan pemilih dan masyarakat sudah menjadi tahu akan kewajibannya,” ungkapnya.

Tujuan dilaksanakan Kirab ini, tambah Deri Siswandi, ingin menyampaikan kepada masyarakat hajat hidup kita ini ditentukan oleh politik.  “masyarakat diminta untuk tetap berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024. Karena dengan pemilu ini, masyarakat bisa menentukan nasib kita 5 tahun yang akan datang,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pelaksanakan kirab pemilu 2024 ini akan dilaksanakan mulai 1 Juli hingga 6 Juli itu banyak kegiatan atau sosialisasi yang dilaksanakan untuk Kabupaten OKI. 

Pada hari kedua yakni 2 Juli dijadwalkan perjalanan mobil kirab melakukan sosialisasi ke pasar pasar tradisional. 

“Pasar tradisional yang disinggahi kendaraan kirab pemilu untuk sosialisasi adalah pasar Pedamaran, Teluk Gelam dan Tanjung Lubuk,” jelasnya.

Selanjutnya, pada 3 Juli mobil kirab pemilu sosialisasi ke sekolah sekolah. Kemudian pada 4 Juli sosialisasi kirab pemilu ke tokoh adat. Disini akan singgah di PSHT Kecamatan Lempuing. 

Adapun sekolah yang dilakukan sosialisasi kirab pemilu ini yaitu di sekolah sekolah Kecamatan Jejawi, SP Padang dan Pampangan. 

Lalu, pada 5 Juli kirab pemilu sosialisasi ke masyarakat Kayuagung dengan berkeliling di dalam Kota Kayuagung. 

“Barulah di hari terakhir itu mobil utama dari Provinsi membawa bendera menyerahkan ke OKI. Dan menuju Kabupaten tetangga yakni OI,” Tandasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *