Cegah Karhutlah Kepala BNPB RI Dan HD Adakan Rapat Kordinasi, TMC Sangat Efektif Cegah Karhutlah

PALEMBANG, Peristiwaterkini.id – Upaya pemerintah dalam mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Indonesia terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menerima kehadiran Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., MM dalam rangka rapat koordinasi bersama satuan tugas Karhutla Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023, pada Kamis (22/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan oleh Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., MM bahwa minta semua personil harus waspada dalam penanganan karhutla khususnya BNPB Kabupaten dan Kota harus fokus terutama yang memiliki lahan gambut.

“Di Sumsel ini, ada 793 titik hotspot mohon untuk diwaspadai agar ini tidak menjadi bencana karhutla”, ucapnya.

Ia juga menambahkan dalam melakukan pencegahan agar BNPB Sumsel bersama Pemerintah Provinsi Sumsel dapat memanfaatkan secara maksimal bantuan yang telah diberikan seperti Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dan Water Bombing agar lahan gambut dapat terus dibasahi.

Selain itu ia juga berharap agar penegakan hukum terkait karhutla di Sumsel dapat dilaksanakan secara tegas tanpa adanya toleransi.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) menyampaikan bahwa TMC merupakan metode pencegahan yang sangat efektif dalam menanggulangi bencana Karhutla. Maka dari itu, dirinya mengucapkan terimakasih atas diperpanjangnya bantuan TMC di Provinsi Sumsel.

HD juga menambahkan bahwa TMC yang digunakan dalam membasahi lahan memberikan efek positif yang membuat tanaman menjadi lebih subur.

Selanjutnya HD menerima bantuan yang diberikan secara simbolis oleh Kepala BPNB RI berupa Pompa Induk, Pompa Sedang, Selang, Nozel, Perlengkapan APD dan Fleksibel Tank 5000 Liter.

Turut hadir Plt. Sekretaris Utama BNPB RI, Rustian, S.SI., S.PT., M.Kes, Ketua DPRD Prov. Sumsel, Hj. RA Anita Noeringhati, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, S.IK, Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Ruslan Efendy, Danrem 044 Gapo, Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, Para Bupati Se Sumsel dan Para Kepala OPD Prov Sumsel. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *