Sumsel Terapkan SIPD Terintergrasi Berbasis Digital

PALEMBANG, Peristiwaterkini.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Bank SumselBabel mulai menerapkan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) secara terintergrasi berbasis digital.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, penerapan SIPD terintergrasi adalah wujud komitmen dalam mendorong pelaksanaan tata kelola keuangan pemerintah daerah yang akuntabel.

“Benar dikatakan demikian sebab semua mulai dari perencanaan l, pengelolaan, hingga evaluasi keuangan dilakukan secara digital dan real time,” katanya usai peluncuran SIPD bersama Bank Sumsel Babel.

Saat ini dipastikan selain wilayah pemerintah Provinsi, kabupeten Muara Enim sudah 100 persen menggunakan sistem tersebut. Dan menyusul enam Kabupaten dan kota Provinsi Bangka Belitung.

Untuk 16 kabupaten kota lainnya Sumsel diproyeksikan setidaknya pada tahun depan secara menyeluruh dapet menerapkannya secara utuh.

“Semua layanannya seperti pembayaran gaji ASN bermigrasi memanfaatkan layanan Bank Sumsel Babel,” jelasnya.

Menurutnya, pengintegrasian tersebut juga sekaligus sebagai bentuk dukungan Bank Sumsel Babel sebagai BPD untuk dapat berkembang lebih besar lagi melayani seluruh kebutuhan masyarakat.

“Selaim mendapatkan devidennya juga sebuah kebanggaan jika bank Sumsel Babel ini dapat berkembang dan berkompetisi dengan Bank lainnya,” ungkapnya saat di dampingi Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin.

Sementara itu Dirjen Bidang Bina Keuangan Kementrian dalam Negeri Agus Fatoni mengatakan, Sumsel Babel menjadikan provinsi pertama yang menerapkan SIPD terintergrasi berbasis digital.

Ia menyebutkan kementrian dalam Negri mengharapkan SIPD tersebut menjadikan percontohan nasional.

“Manfaatnya sangat banyak seperti penyatuan sistem dan proses, memudahkan kontrol, memudahkan membuat kebijakan pengelolaan keuangan, serta memudahkan dalam pencarian data,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *