Sertifikat Eliminasi Malaria Diterima Pemkab OKU Selatan, Ini Pesan Kemenkes RI

KALIMANTAN TIMUR, Peristiwaterkini.id – Sejumlah daerah menerima penghargaan pada kegiatan Hari Malaria Sedunia (HMS) tahun 2023, yang di pusatkan di Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (15/6/2023).

Salah satu kabupaten yang menerima penghargaan yaitu kabupeten OKU Selatan menerima Sertifikat Eliminasi Malaria. Penyerahan Sertifikat Eliminasi Malaria tersebut diberikan kepada 5 Gubernur dan 30 Bupati/walikota, termasuk Pemerintah Kabupaten OKU dan OKU Selatan.

Penerimaan Sertifikat ini merupakan daerah Yeng telah memenuhi persyaratan Eliminasi Malaria oleh menteri kesehatan. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Dr dr Maxu Rein Rondonuwu mengatakan sesuai komitmen global (SDGs), semua negara harus bebas malaria atau target Eliminasi Malaria pada tahun 2030.

“Indonesia jangan menunggu tahun 2030, dan kami apresiasi betul Kalimantan Timur komitmen Eliminasi tahun 2026. Ini semangat yang luar biasa dan sangat rasional, sebab tinggal empat kabupaten,” ungkapnya.

Menurutkan, IKN dipilih sebagai pusat peringatan Hari Malaria Sedunia, tujuannya tak lain untuk menumbuhkan dan membangkitkan semangat baru menuju Indonesia Sehat dan Bebas Malaria.

Dirinya menyatakan, Untuk saat ini lanjutnya, wilayah timur Indonesia memiliki tingkat kejadian berat. Tercatat hingga saat ini, 80 persen kasus malaria disumbangkan dari provinsi-provinsi di wilayah timur.

 
Dia menyatakan, Secara keseluruhan di Indonesia terdapat lima provinsi yang kabupaten dan kotanya bebas malaria, yakni DKI Jakarta, Bali, Banten, Jawa Timur dan Jawa Barat.

” ada 405 kabupaten dan kota yang harus eliminasi, itu Target di RPJMN 2024.  sisanya RPJMN berikut. Dimana, sampai saat ini sudah ada 381 kabupaten dan kota yang eliminasi dan target 2024 sudah habis,” terangnya

Sementara Bupati OKU Selatan Popo Ali mengungkapkan, dengan diterimanya sertifikat eliminasi malaria ini merupakan hasil atas upaya dan kerja keras yang telah dilakukan masyarakat OKU Selatan  dalam memerangi Malaria, “tentunya ini hasil kerja keras banyak pihak,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *