Bawaslu OKU Berikan Sosialisasi Kepada Unsur Masyarakat

OKU, Peristiwaterkini.id – Untuk melakukan pengawasan pada Pemilihan Umum 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten OKU mengajak seluruh unsur masyarakat OKU untuk melakukan pengawasan.

Hal ini di sampaikan pada kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu 2024 yang di adakan di Hotel Zuri Baturaja, Rabu (14/6/2023).

Dalam kegiatan ini ketua Bawaslu Dewantara Jaya didampingi Komisioner Bawaslu Yeyen Andrizal dan Anggi Yumarta Memberikan sosialisasi kepada organisasi masyarakat (ormas), tokoh agama, Badan Eksekutif mahasiswa dan para awak media.

Sosialisasi ini menghadirkan Narasumber dari Polres OKU, Kejaksaan Negri OKU serta narasumber dari Banwaslu itu sendiri.

Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya menyampaikan , kegiatan ini dalam rangka penguatan kapasitas lembaga dalam persiapan pemilu tahun 2024.

“Sosialisasi pemilu 2024 ini merupakan bekal awal bagi para peserta, saat ini kita ingin menyamakan persepsi dan pandangan yang sama terhadap pengawasan pada pemilu mendatang,” katanya.

Menurutnya, Bawaslu OKU dalam hal ini tidak bisa mengcover seluruh pengawasan pemilu, sebab itu pihaknya mengharapkan peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu mendatang.

“Langkah-langkah apa saja yang di lakukan oleh seluruh unsur masyarakat nantinya, sesuai tahapan yang di atur dalam PKPU nomor 3 tahun 2022 dan aturan main Perbawaslu yang mengatur masalah pengawasan partisipatif,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada pemilu 2024 yang menghadirkan pemateri dari kepolisian dan kejaksaan ini dapat menjadikan pelaksanaan pemilu mendatang menjadi lebih baik.

“Dengan adanya narasumber ini kami sendiri dari Bawaslu dapat menyamakan persepsi dan pandangan serta menjadikan pemilu 2024 mendatang lebih baik,” pungkasnya. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *