Indonesia Raih 159 Mendali Emas Di Klasemen Akhir ASEAN Para Games 2023

JAKARTA, Peristiwaterkini.id – ASEAN Para Games 2023 yang berlangsung di Kamboja Kontingen Indonesia menutup dengan jadi juara umum berkat 159 mendali emas.


158 mendali emas tersebut melengkapi 148 mendali perak dan 94 mendali perunggu, hingga total mendali yang di peroleh total ada 401 mendali pada penutupan ASEAN Para Games 2023 Kamboja yang berakhir pada Jumat (9/6/2023).

Dalam pagelaran ini Indonesia unggul dari pesaing-pesaingnya, Thailand Yeng mendapati peringkat kedua dengan meraih 126 medali emas, 109 perak, dan 92 perunggu. Vietnam berada di peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

Andi Herman Chef de Mission Indonesia mengatakan, prestasi yang ditorehkan Indonesia tak lepas dari data juang dan semangat tinggi atlet Merah Putih di ASEAN Para Games 2023.

“Tentu dengan berbagai perhitungan matang, baik catatan waktu, maupun hasil try out, dan invitasi internasional yang diikuti atlet. Serta melihat kekuatan kompetitor kita,” kata Andi dalam jumpa pers, Jumat (9/6/2023).


Pertandingan hari terakhir, Indonesia mendapatkan tambahan enam mendali emas di cabor para badminton sekaligus menutup manis Indonesia di ASEAN Para Games 2023.

Enam medali emas itu datang dari Dheva Anrimusthi (tunggal SU5 putra), Hari Susanto dan Ukun Rukaendi (ganda SL3-SL4 putra), Dheva Anrimusthi dan Hafizh Briliansyah Prawiranegara (ganda Su5 putra).

Kemudian dari sektor lain, Qonitah Syakuroh turut menyumbang medali emas di nomor (tunggal SL3 putri) dan Hikmat Ramdani dan Leani Ratri Oktila (ganda putri SL3-SU5).

Indonesia merebut gelar juara umum untuk kali ketiga secara beruntun, dari mulai 2017, 2022, hingga 2023. Andi menyambut gembira prestasi yang ditorehkan atlet-atlet Indonesia. Terlebih, perjuangan mereka juga bakal diapresiasi oleh pemerintah.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, menyatakan para atlet akan mendapatkan apresiasi yang sama dari pemerintah, sebagai bentuk penghargaan dan kerja keras atlet-atlet yang telah mengharumkan bangsa Indoensia.

“Kami mewakili atlet, pelatih, manajer, sangat bergembira dengan apa yang disampaikan Mbak Angkie (Staf Khusus Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia) bahwa apa yang diberikan atlet akan diberi apresiasi oleh pemerintah, sama dengan atlet non disabilitas, yang berlaga di SEA Games,” kata Andi.

Andi mengatakan apresiasi tersebut menambah motivasi atletnya untuk lebih berprestasi ke depannya. Apalagi, Indonesia juga akan menghadapi Asian Games 2023 di Hangzhou.

“Jadi setelah ini, atlet langsung Pelatnas lagi, untuk Asian Games 2023 yang waktunya akan dimulai tiga bulan lagi. Selain itu, dalam rangka kualifikasi olimpiade, atlet bulutangkis setelah penutupan akan langsung berangkat ke Kanada, agar bisa lolos Paralimpiade 2024 di Paris,” tambahnya.

(*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *