Tak Tanggung-Tanggung, Maling Ini Ambil Kabel Sutet Sepanjang 3 KM

OKU, Peristiwaterkini.id – Unit Reskrim Polsek Peninjauan berhasil menangkap Agus Pranoto Alias Agus (45) warga kampung 3 kebun jeruk kelurahan Saung Naga kecamatan Baturaja Barat atas aksinya mencuri kabel milik PT Medan Smart, Rabu (7/6/2023).

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono melalui kasi Humas AKP Budi Santoso mengatakan, pelaku pencurian kabel sutet berhasil di amankan unit Reskrim Polsek Peninjauan yaitu Agus Pranoto alias Agus pada berdasarkan laporan warga sekitar.

“Aiptu Agus Trisandi selaku Kanit Reskrim Polsek Peninjauan mendapat informasi dari masyarakat pada hari Rabu 7 Juni 2023 sekitar pukul 16.15 WIB, ada pencurian kabel aliran sutet di desa Durian kecamatan Peninjauan kebupaten OKU,” katanya, Kamis (8/6/2023).

Dari laporan tersebut selanjutnya Aiptu Agus Trisandi bersama anggota Polsek Peninjauan langsung mengecek kebenaran informasi tersebut.

Sekitar pukul 16,45 WIB, lanjut Aiptu Agus,  terlihat pelaku sedang memuat kabel ke satu unit sepeda motor yang sedang dia gunakan, tidak menunggu waktu lama anggota langsung melakukan pengamanan terhadap pelaku dan langsung di bawa ke Polsek Peninjauan untuk di lakukan pemeriksaan.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku dan mengakui bahwa kabel tersebut merupakan hasil curian pelaku dari tiang sutet yang berada di desa Durian,” jelasnya.

Berdasarkan dari bukti permulaan yang cukup, kasus perkara ini dari penyelidikan ditingkatkan menjadi penyidikan.

Dari peristiwa ini pihak PT Medan Smart jaya mengalami kerugian material yaitu berupa kabel konduktor sutet, kerugian yang di hitung dengan nominal uang tunai dari panjang kabel 3 KM X Rp 341.000.000 / 1KM = Rp 1.023.000.000.

Saat ini terduga sedang dalam proses penyidikan lebih lanjut, untuk sementara tersangka di kenakan pasal 362 KUHPidana, tandasnya (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *