OKU  

Peringati Hari Lahir Pancasila, Ingatkan Junjung Nilai Pancasila

OKU, Peristiwaterkini.id – Pemerintah Daerah Kabupaten OKU mengadakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di halaman kantor pemerintah OKU,  yang jatuh tepat di hari ini Kamis (1/6/2023).

Dalam upacara yang di pimpin oleh Penjabat (PJ) sekertaris Daerah (sekda) OKU Darmawan Iriyanto S.Sos MM, mengajak seluruh masyarakat khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan OKU, untuk menjunjung tinggi nilai – nilai luhur Pancasila dan mengimplementasikan dalam kehidupan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Dalam kehidupan sehari hari kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila, dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari – hari,” kata Darmawan Irianto.

Darmawan membacakan kata sambutan tertulis Presiden Jokowi Dido, keberadaan Pancasila merupakan anugrah dari Tuhan yang maha Esa untuk Indonesia, “pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik,” ucapnya.

Dilanjutkan Darmawan, nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati.

Berkat Pancasila terwujudlah nilai-nilai toleransi, Gotong Royong dan keberagaman yang ada menjadi berkah serta di rajut dalam identitas Nasional Bhinneka Tunggal Ika.

“Setiap tanggal 1 Juni yaitu Hari Lahir Pancasila l, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjujung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari hari,” ungkapnya.

Pancasila bukan hanya untuk di baca, lanjutnya, ataupun di dengar, namun dipraktekkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam dalam hati bangsa Indonesia.

Dalam upacara ini Darmawan juga menyampaikan bahwa tahun depan bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi serentak melalui penyelengaraan pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Iya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk mensukseskan pemilu yang jujur, aman dan damai.

“Jaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana aman dan kondusif, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tandasnya. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *