Bawa 40 Ton Batubara Ilegal, Polisi Amankan Sopir Serta Kendaraannya

MUARA ENIM, Peristiwaterkini.id – Truk pengangkut Batu Bara ilegal yang di sinyalir merusak jalan diamankan Polres Muara Enim pada Sabtu (27/5/2023).

Dalam peristiwa ini, Polres Muara Enim mengamankan pelaku berinisial H (40) warga Desa Sumber Hadi, kecamatan Melintang Kabupaten Lampung Timur, karena membawa truck odol (Over Dimensi dan Over Loading).

“Pengangkut Batu Bara ini Truk Odol yang menjadi keluhan masyarakat, terutama Pengguna jalan, karena sudah membuat macet dan kecelakaan,” ucap Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi SH, Minggu (28/5/2023).

Diceritakan Kapolres, berdasarkan Laporan yang diterima oleh Kapolres Muara Enim, telah terjadi kemacetan panjang di jalan lintas Sumatra (jalinsum) Muara Enim – Baturaja, di Desa Matas, kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim.

Dari laporan tersebut, Kapolsek Tanjung Agung AKP Enjang Rusmana, SH bersama anggota, anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas), dan Satuan Samapta Polres Muara Enim melakukan pengecatan dan penguraian kemacetan tersebut.

“Dalam proses pengecekan, kemacetan terjadi karena ada kerusakan pada mobil Dump Truck, merk Hino warna hijau. bernomor polisi BE 8954 LV yang bermuatan 40 ton batubara,” kata kapolres.

Dilanjutkan kapolres, dari Hasil pemeriksaan, diketahui mobil tersebut pengangkut batu bara secara ilegal tanpa di lengkapi dokumen yang sah.

Keterangan dari sopir, batubara Tersebut diambil dari stockfile Tebing Batu, Desa Penyandingan kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, dan akan di bawa ke Rangkas Bitung, Banten.

Saat ini, tambah Kapolres, pihaknya telah mengamankan sopir dan Kendaraannya, barang bukti satu unit mobil Dump Truk merek Hino warna hijau dengan nopol BE 8954 LV bersama 40 ton batubara.

Atas perbuatannya, Pelaku dijerat dengan Pasal 161 UU No. 3 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas UU No 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *