Kasus Pemilik 306 Butir Ecstasy Dilimpahkan ke Kajari OKU Dari Kejagung

Foto : tersangka penyalah gunaan narkotika sedang di periksa Kajari OKU setelah dilakukan pelimpahan dari kejaksaan Agung

OKU, Peristiwaterkini.id – Tersangka penyalah gunakan Narkotika diserahkan kejaksaan Negri OKU tahap 2 (serah terima ) dari Jaksa Pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidan Umum Kejaksaan Agung Muda Tindak Pidan Umum Kejaksaan Agung (Kejagung), Kamis sore kemarin (25/5/2023).

Kepala kejaksaan Negri OKU Choirun Parapat SH MH melalui kasi Pidum Kajari OKU Erik Eko Bagus Mudigdho SH MH mengatakan, serah terima tersangka dengan barang bukti kasus narkotika tersebut didasari dengan telah selesainya pemeriksaan berkas perkara oleh tim jaksa pemeriksa dari kejaksaan Agung dan telah di nyatakan lengkap.

“Kajari OKU kemarin telah menerima tahap 2 dari tim Jaksa pemeriksa Kejagung Tersangka dan barang bukti tindak pidana penyalahgunaan narkotika, yang berhasil ditangkap tim reserse Mabes Polri,” kata Erik.

Adapun modus operandi, lanjut Erik, yang dilakukan tersangka adalah hari Selasa (31/1/2023) pada pukul 10.00 WIB tersangka mengambil paket Narkoba jenis Ecstasy di pinggir jalan di sekitar hotel Sukarame Palembang, setelah itu tersangka kembali ke daerah Baturaja dengan menggunakan sepeda motor.

“Di daerah Baturaja, tersangka meletakkan Narkotika tersebut di bawah tumpukan kasur tempat istirahat yang berada di Jl. Garuda Mas Lorong Maliki Burhan RT 003 RW004 Desa Tanjung Baru kecamatan Baturaja Timur l, kabupaten OKU,” jelasnya.

Pada hari Rabu (1/2/2023), lanjutnya , tersangka membagikan narkotika jenis Ecstasy tersebut menjadi 4 paket dengan rincian 1 paket berisi 1800 butir Ecstasy, 1 paket Berisi 200 butir, 1 paket berisi 105 butir, satu paket berisi 1 butir Ecstasy.

“Tersangka atas perintah R (DPO) satu plastik hitam yang berisi 1800 butir pil Ecstasy di daerah Islamic Center Baturaja untuk di ambil orang lain,” jelasnya.

Pada hari Jumat (3/5/2023) bertempat jalan imam Bonjol lorong pisang RT001 RW007 Desa Air paoh kecamatan Baturaja Timur kabupaten OKU, tersangka di tangkap oleh anggota Tim dari Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, papar kasi Pidum.

Usai dilakukan pemerikasaan terhadap diri tersangka, tersangka menjalankan menyimpan Narkotika jenis Ecstasy di jalan Garuda mas Lorong Maliki Burhan RT003 RW004 Desa Tanjung Baru kecamatan Baturaja Timur, dengan jumlah sebanyak 306 pil Ecstasy yang dibagi menjadi 3 plastik.

“Tersangka beserta barang bukti sebanyak 306 butir pil Ecstasy dibawa tim dari Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ungkapnya.

Dari tahap tersebut Erik menjelaskan, proses tahap 2 yang dilaksanakan dengan lancar dan sesuai dengan prosedur tanpa adanya hambatan dan tersangka langsung di tahan di Rutan Baturaja.

“Hasil pemeriksaan berdasarkan pada proses Tahap 2 terhadap diri terdakwa di ketahui bahwa Terdakwa merupakan Residivis Tindak pidana Narkotika jenis ganja yang telah di tuntut dan di putus bersalah pada tahun 2020 silam, sedangkan untuk perkara ini tersangka disangka dengan pasal 114 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati,” pungkasnya (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *