Padi Sawah 300 Hektar Di Asuransikan

OKU, Peristiwaterkini.id – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui dinas pertanian dan perkebunan memberikan bantuan asuransi pertanian bagi petani.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak puso begi petani padi, Plt kepala dinas pertanian dan perkebunan OKU Husmin S.P.M.M mengatakan, tahun ini ada 300an hektar lahan pertanian khususnya sawah yang di asuransikan dari APBD 2023.

“Terdapat 300 Hektar lebih lahan tanaman padi sawah khususnya yang di asuransikan dari dana APBD 2023 tahun ini,” katanya. Kamis (25/5/2023).

Angka tersebut menurutnya, masih sama seperti kondisi asuransi pertanian tahun sebelumnya.

Dia juga menjelaskan, masih ada klaim asuransi pertanian di tahun sebelumnya, yang belum di cairkan, klaim asuransi tersebut karena areal persawahan mengalami gagal panen.

“Karena kondisi cuaca saat ini sulit di prediksi, alternatif untuk membantu petani salah satunya lewat asuransi pertanian ini,” jelasnya.

Sebagai informasi, asuransi pertanian ini pun telah dicanangkan oleh kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Kemenko PMK), beberapa waktu lalu.

Hal ini menyusul gagal panennya sejumlah areal persawahan secara nasional. Asuransi pertanian ini, difasilitasi oleh PT Jasinso.

Sementara informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, jumlah areal persawahan di kabupaten OKU sendiri, mencapai ribuan hektar (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *