Mengetahui Macam-Macam Ras yang Ada di Indonesia

Foto : Istimewa

Peristiwaterkini.id – Negara Indonesia terdiri dari berbagai jenis ras manusia yang berbeda-beda. Macam-macam ras di Indonesia ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ialah kehadiran bangsa asing ke Nusantara di masa lalu. Yang mendukung tersebarnya beberapa ras yang ada di Indonesia.


Migrasi penduduk dari suatu negara ke Indonesia menjadi salah satu faktor pendukung keberagaman ras yang ada di Indonesia. Migrasi tersebut berawal dari hubungan kerja sama, seperti perdagangan lalu dilanjutkan dengan pernikahan.

Ras adalah suatu kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri fisik bawaan, seperti dikutip dari buku Explore Imu Pengetahuan Sosial Jilid 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Dwi Simpani Wati.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan mengenai pengelompokan manusia berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Perbedaan ras yang menonjol terdapat pada warna kulit, rambut, dan mata.

Macam-Macam Ras di Indonesia
Ilustrasi. Mengenal macam-macam ras di Indonesia (Getty Images/yorkfoto)
Berikut ini adalah empat ras yang ada di Indonesia.

1. Asiatic Mongoloid
Asiatic Mongoloid adalah ras yang memiliki ciri-ciri berkulit warna kuning, mata sipit, dan berambut lurus.

Ras ini tersebar di Cina, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Filipina.

Ras Asiatic Mongoloid terdapat di Indonesia karena terjadi migrasi bangsa Cina yang kemudian menetap di Indonesia. Ras ini banyak tersebar di wilayah Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Bangka Belitung.

2. Malayan Mongoloid
Macam-macam ras di Indonesia berikutnya adalah Malayan Mongoloid. Ras ini memiliki ciri-ciri berkulit kekuningan hingga hitam.

Ras ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, seperti Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Pulau Nusa Tenggara.

3. Papua Melasonoid
Papua Melanosoid adalah ras yang memiliki ciri-ciri berkulit hitam, bibir yang lebih tebal, dan rambut ikal bergelombang kecil.

Ras ini mendiami wilayah Indonesia bagian Timur seperti Papua, Pulau Aru, dan Pulau Kai.

4. Veddoid
Ras Veddoid memiliki ciri-ciri berkulit sawo matang, postur tubuh kecil, dan rambut bergelombang. Penduduk ras Veddoid memiliki kesamaan sifat dengan bangsa Weda di Srilanka.

Ras ini mendiami Pulau Sumatra dan Sulawesi. Contohnya suku Sakai di Sia, Riau, suku Kubu di Jambi, dan suku Tomuna di Muna, Pulau Sulawesi.


Demikianlah macam-macam ras di Indonesia. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.(*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *