Fans Coldplay Rela Ajukan Pinjol Demi Tiket Konser, OJK Bilang Begini

Foto : Band Coldplay (Istimewa)

Peritiwaterkini.id – Belum Lama ini ramai di jagat media sosial, masyarakat mulai mencari pinjaman online (pinjol) agar dapat  membeli tiket konser Coldplay. Kenaikan permintaan pinjol tersebut kemudian dibenarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, usai melihat peningkatan itu pihaknya akan memperkuat aturan-aturan untuk mengurangi risiko negatif dari pinjol.

“Semua tetap meningkat  tapi kita memang masih sedang mengupayakan pengaturannya lebih kuat lagi sehingga dapat mengurangi risiko-risiko yang tidak diinginkan,” ucapnya, kepada awak media di gedung Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2023).

Dikutip dari jatimtimes.com, Lebih jauh Mahendra mengatakan, pinjol yang memiliki izin OJK tetap harus memiliki komunikasi yang baik kepada konsumennya agar tidak menimbulkan dampak negatif. Sementara untuk pinjol Ilegal  kata Mahendra, OJK tegas akan memberikan sanksi hingga penutupan.

“Langkah-langkah untuk memberikan solusi yang bukan ilegal tapi memiliki izin OJK, tapi mungkin saja dalam proses memberikan pinjamannya kepada konsumen, ada hal-hal yang harus dikomunikasikan lebih dari beberapa peristiwa yang kami temui kami fokus pada upaya untuk membangun komunikasi dan tingkat saling percaya yang lebih baik dan hal-hal tadi bisa dicarikan solusinya dengan baik,” jelasnya.

Sebelumnya, OJK juga sempat memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak berutang kepada pinjol hanya demi menonton konser. Apalagi bila layanan pinjaman yang digunakan berasal dari pinjol ilegal.

“Auto Nyesel: Jangan Pakai Pinjol Ilegal untuk Nonton Konser. Sobat OJK, Jangan sampai gara-gara ingin nonton konser kamu terjebak pinjol ilegal,” imbau OJK melalui salah satu unggahannya di Instagram (@ ojkindonesia).

Diketahui, jelang konser Coldplay yang akan digelar November nanti, tak sedikit netizen yang sudah memburu tiketnya dengan mencari pinjol yang aman. Namun ada juga dari mereka yang bahkan rela menjual barang-barangnya demi membeli tiket konser Coldplay yang tentu tidak murah harganya.

Terbaru, ada seorang pria bernama Danar yang rela menjual kulkas dan motornya untuk bisa menyaksikan konser band asal Inggris itu.

“Jual kulkas merk GEA, 1,2 nego sampe jadi. Alasan jual buat beli tiket Coldplay,” tulis Danar di story WhatsAppa, Senin (15/5/2023) yang langsung viral di media sosial hingga Selasa (16/5/2023) seperti yang dilihat dalam unggahan akun Instagram @unikinfo_id.

Seperti yang sudah diketahui, Coldplay telah mengumumkan akan menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November 2023) yang akan datang.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *