OKU  

Sat POL PP lakukan Penertiban PKL Selama 1 Pekan

Foto : sat pol PP lakukan penertiban PKL

OKU, Peristiwaterkini.id – Pemerintah Daerah (Pemda) OKU hari ini menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan menerjunkan anggota Sat pol PP, Rabu (17/5/2023).

Penertiban tersebut dilakukan di sepanjang jalan Ahmad Yani telanya di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL).

Kasat Pol PP Kabupaten OKU Firmansyah ST didampingi Kabid Trantib Sofyan melalui Kasi Ops Bambang Febrianto mengatakan, PKL yang berjualan dengan memakan badan jalan akan di lakukan penertiban selama satu Minggu kedepan.

“Petugas dibagi sebanyak lima tim, yaitu di kawasan PKL Pasar Atas, Pasar Baru, jalan Slamet Riyadi dan jalan Sultan Syahrir Baturaja,” katanya.

Jadi, lanjut Firmansyah, penertiban dilakukan secara mobile, dengan menghampiri pedagang yang berjualan dengan memakan badan jalan menimbulkan kemacetan yang menggangu masyarakat saat beraktifitas.

Dikatakan Bambang, penertiban dilakukan secara humanis, para pedagang diberi himbauan dan diminta untuk berdagang di tempat yang aman, serta dilarang berjualan dengan memakan badan jalan.

“Kami tidak melarang Mereka berjualan, selagi tidak menggangu ketertiban masyarakat serta tidak menggangu ketertiban masyarakat dan keindahan kota, kita juga memikirkan mereka untuk mencari nafkah,” ungkapnya.

Kita beri mereka himbauan, lanjutnya, pertama secara lisan, jika mengulangi beri teguran secara tertulis, dan jika tetap membandel terpaksa kita tegakkan aturan, jelasnya.

Menurut Bambang, mereka rata – rata sudah mengerti ini terlihat saat di beri himbauan, dan pedagang langsung menepi bahkan merapikan dagangan mereka.

“Kita tetap memberikan himbauan kepada para pedagang, sehingga mereka tidak berjualan sembarangan terutama dikawasan KTL yang mana saat jam pulang sekolah terjadi kemacetan,” pungkasnya.

Sementara itu, boy Pedagang siomay yang berjualan dengan gerobak dorong mengaku sudah lama berjualan di depan SDN 1 OKU.

“Saya sudah lama berdagang di sini, jika memang di tertibkan kami menurut saja sesuai aturan,” ungkapnya.

Dalam sehari pedagang ini mendapatkan uang 50 sampai 80 Ribu, tergantung dari ramainya pembeli, hasil yang di dapat untuk mencukup kebutuhan rumah tangga, (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *