OKU  

Pemdes Battu Winangun Bantu 13 Unit Mesin Cacah Rumput Ke Peternak Desa

Foto : kepala desa Battu Winangun Yadi (tengah) bersama perangkat desa menunjukkan alat cacah rumput yang akan di berikan ke peternak kambing yang ada di des

OKU, Peristiwaterkini.id – Dalam mendukung Program ketahanan pangan, pemerintah Desa Battu Winangun kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU, mempersiapkan 13 unit alat cacah rumput yang akan di berikan ke peternak yang ada di Desa.

Kepala Desa Battu Winangun Yadi usai mengecek alat cacah rumput di kantor desa mengatakan, pengadaan alat ini untuk membantu peternak hewan kambing yang ada di Desa.

“Dalam program ketahanan pangan tidak hanya bantuan hewan saja yang kita berikan, namun juga peralatan pencacah rumput agar bisa menghemat pakan dan dapat berkembang biak,” ungkapnya. Jumat (12/5/2023).

Ditahun sebelumnya, lanjut yadi pemerintah desa sudah memberikan bantuan kepada karang taruna di 4 dusun yang berbeda, satu kelompok dusun diberikan 10 ekor kambing, dilihat dari progresnya  ternyata berhasil dan jumlah hewan pun Bertambah.

“Melihat program ini berhasil, tahun ini pemerintah desa meneruskan program ketahan pangan dengan menambah bantuan ternak kepada 9 karang taruna di 9 dusun yang ada, ditambah dengan 13 alat pencacah rumput,” jelasnya.

Alat pencacah rumput di berikan ke peternak untuk menghemat pakan pada ternak dengan cara fermentasi, pengadaan alat cacah rumput berasal dari dana desa yang memang tahun ini wajib di gunakan untuk pengembangan masyarakat desa agar bisa mandiri dalam program ketahanan pangan.

Harapannya dengan kondisi demikian dibantu dengan ternak kambing, mudah – mudahan bisa memelihara kambing dan menambah kegiatan agar bertambah inkam perkapital masyarakat dan desa pun dapat berkembang, Tandasnya, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *