KPU OKU Belum Terima Dokumen Parpol Untuk Mendaftarkan Bacaleg

Foto: ketua KPU OKU Naning Wijaya

OKU, Peristiwaterkini.id – Sampai saat ini belum ada Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang mendaftar melalui partai politik (parpol) ke KPU OKU sejak dibuka pada 1 Mei 2023 yang lalu.

Dikatakan ketua KPU OKU, Naning Wijaya, setelah delapan hari dibukanya pendaftaran, belum ada satupun parpol mendaftarkan Bacaleg ke KPU.

“Pihaknya sudah tiga kali berkordinasi dengan sejumlah pengurus parpol guna mensosialisasikan agar mereka segera mendaftarkan bacalegnya ke KPU OKU,” katanya Senin (8/5/2023).

Rata – rata pengurus parpol, lanjut Naning, saat ini lagi melengkapi persyaratan untuk mendaftar ke KPU, “Mereka sedang menunggu surat persetujuan dari DPD Provinsi atau DPP,” ungkapnya.

Para pengurus parpol di kabupaten OKU akan banyak mendaftar caleg nya saat hari terakhir nanti yaitu pada tanggal 14 mei 2023.

“Karena saat itu hari terakhir penerimaan berkasnya kita perpanjang waktunya sampai pukul 23.59 WIB, sementara hari biasanya yaitu tanggal 1-13 Mei dilakukan sampai pukul 16.00 WIB,” perkiraan Naning.

Sementara terkait adanya anggota DPRD OKU yang loncat partai saat pileg 2024, Naning menegaskan, mereka wajib mundur dari jabatannya sebagai wakil rakyat dari daerah tersebut.

“Salah satu persyaratan wajib di lampirkan Bacaleg adalah mereka wajib melampirkan surat pengunduran dirinya dari parpol lama, dan saat terdaftar di DCT nanti mereka mesti sudah mengantongi surat pengunduran diri dari parpol lama,” pungkasnya (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *