Pencuri Rel Kereta Api Yang Buron 5 Tahun Akhirnya Tertangkap

Foto istimewa: Anghni Rizqo alias Eko (28) ditangkap polisi usai buron 5 tahun

OKU, Peristiwaterkini.id – Anghni Rizqo alias Eko (28) warga dusun V Desa Lubuk Batang Baru Kecamatan Lubuk Batang harus mengakhiri pelariannya selama 5 tahun terbebas dari jeratan hukum atas kriminalitas yang di perbuatanya.

Eko berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Lubuk Batang Di Beck Up tim Resmob Singa Ogan polres OKU, saat dirinya tengah bekerja di PT Menara Desa Terusan Kecamatan Baturaja Timur pada Kamis (4/5/2023).

Eko Diketahui salah satu pelaku pencurian besi rel kereta api milik PT KAI di KM 236 + 328 di dekat jalur simpang Pertamina Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang Kabupeten OKU pada Jumat (19/10/2018), sekira Pukul 19.30 WIB silam.

Dalam aksinya tersebut Eko tak sendiri, tindakan pencurian tersebut ia lakukan bersama 4 rekannya, 3 diantaranya telah lebih dahulu berhasil ditangkap terlebih dahulu dan telah menjalani hukuman di dalam penjara.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono melalui kasi Humas AKP Syafaruddin mengatakan, kejadian tindakan pencurian besi rel kereta api bukan hanya sekali di lakukan oleh para tersangka, peristiwa tersebut telah dilakukan sebanyak 2 kali.

“Aksi yang pertama terjadi pada 18 Oktober 2018, dalam melancarkan aksinya terbilang mulus, pada pelaku berhasil menggondol besi rel tanpa di ketahui siapa pun, sedangkan aksi yang kedua terjadi pada tanggal 26 Oktober 2018 di TKP yang sama, gerombolan ini di ketahui petugas keamanan PT KAI saat beraksi, namun pelaku berhasil kabur,” kata AKP Syafarudin

Dari hasil penyelidikan Unit Reskrim Polsek Lubuk Batang pada saat itu, lanjut kasi Humas, terdapat 3 pelaku berhasil diringkus pada tahun 2018, sementara 2 orang rekannya masih bersetatus Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Dari 2 orang rekannya yang DPO unit Reskrim Polsek Lubuk Batang berhasil mengamankan 1 pelaku pencurian rel yang bernama Anghni Rizqo alias Eko (28). Dengan penangkapan 1 orang tersangka ini masih ada 1 tersangka lagi yang masih dalam status DPO,” ungkapnya.

Dari penangkapan Anghni Rizqo alias Eko, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti 1 tabung gas elpiji dengan ukuran 3 kg serta 1 buah Blender las potong dengan selang warna hijau dan warna merah.

Saat ini barang bukti sudah di sita berkas perkara No 15/X/2019/Reskrim, tanggal 17 Oktober 2019, 5 batang besi rel dengan panjang lebih kurang 2 meter, 2 batang besi rel kereta api dengan panjang lebih kurang 50 cm.

“Tersangka dan barang bukti saat ini telah berada di Polsek Lubuk Batang, dalam kasus ini tersangka kita kenakan pasal 363 KUHP,” Tandasnya, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *