OKU  

Pemkab OKU Buat Sodetan Siring, Atasi Banjir Jalan Pancur

Foto : PUPR OKU sedang mengerjakan sodetan Siring pengurai air banjir di jalan Pancur

OKU, Peristiwaterkini.id – Pemerintah Kabupaten OKU membuat sodetan Siring di Jalan Pancur Desa Tanjung Baru kecamatan Baturaja Timur, langkah cepat yang dilakukan agar genangan air yang membanjiri pemukiman warga bisa langsung mengering sehingga warga dapat beraktifitas seperti biasa.

Kepala Dinas PUPR OKU Ir H Ulia Mahdi MM mengatakan Sodetan Siring yang dibuat ini sepanjang 150 meter dengan kedalaman 3 meter dan lebar 2 meter untuk mengalirkan genangan air.

Sodetan Siring dibuat kearah aliran air lain , sehingga genangan air dapat mengalir, “pengerjaan di lakukan sejak hari Senin (1/5/2023), satu unit alat berat Excavator di kerahkan untuk pengerjaan sodetan Siring ini sampai selesai,” katanya.

Pembuatan sodetan Siring, lanjut Ulia, pihak pemkab OKU telah berkordinasi dengan pemilik lahan dengan menghibahkan tanah yang akan di lalui Siring tersebut.

“Pengerjaan sodetan Siring ini langkah awal penanganan jangka pendek, sedangkan jangka panjangnya tetap akan dibuat Siring permanen ke arah goa tempat pembuangan dan jalur menuju sungai selama ini, pada cekungan tempat genangan air terdapat goa yang nantinya kita bersihkan sehingga langsung mengalir ke sungai Ogan dan tidak ada banjir lagi,” ungkapnya.

Pembuatan sodetan Siring di harapkan genangan air yang selama ini terjadi di daerah ini dapat langsung terurai, sehingga dapat menjadi langkah antisipasi banjir kedepannya. Sodetan Siring ini menjadi jalur alternatif air menuju sungai, “pengerjaan sodetan Siring kita percepat perkiraan 5 hari selesai,” pungkasnya.

Terpisah Penjabat (PJ) Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SS.TP. MM., MPd mengatakan pemerintah OKU telah mengambil langkah cepat dalam penanganan banjir di beberapa wilayah OKU, ada dua kawasan yang terjadi banjir yaitu kelurahan Sekarjaya dan jalan pancur desa Tanjung baru.

“Daerah Sekar jaya kemarin sudah meninjau bersama pak Gubernur H Herman Deru, pak Gubernur memberikan bantuan untuk normalisasi aliran sungai melalui Bantuan Gubernur (Bangub). Sedangkan untuk jalan pancur akan di buat sodetan Siring untuk mengalirkan genangan air, sebab di daerah jalan pancur tidak ada tempat pembuangan air dimana kawasan tersebut berada dalam cekungan sehingga kawasan air berkumpul di kawasan tersebut,” Tandasnya, (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *