SMP Xaverius Gelar Karya P5

Foto : Siswa siswi kelas VII SMP Xaverius saat menampilkan hasil karya mereka

OKU, Peristiwaterkini.id – Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada tahun ajaran 2022/2023, SMP Xaverius Baturaja yang dipimpin oleh Octavianus Radja Putra ST wajib untuk melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kelas VI, Dan Senin (2/5/2203) kemarin telah dilaksanakan Gelar Karya di SMP Xaverius Baturaja. Gelar Karya ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).

Kegiatan ini merupakan implementasi atas ide-ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh peserta didik sesuai dengan kelompoknya masing-masing baik berupa olahan makanan, minuman, dan penampilan pentas seni. Semua sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka, sudah otomatis melaksanakan Gelar Karya P5.

“Kita sangat berbangga bahwa project yang di inginkan pemerintah sudah berjalan, seperti yang di lakukan oleh SMP Xaverius Baturaja. Kita juga apresiasi kegiatan ini dan semoga menular ke smp lain, apalagi sekarang sudah kurikulum merdeka. Pendidikan ini merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya pemerintah saja kalau tidak peduli pendidikan jadi apa pendidikan masa mendatang, semoga kedepan putra putri kita menjadi terbaik di kabupaten OKU, mohon dukungan juga kepada wali murida agar pendidikan di OKU jadi lebih baik,” ungkap Topan.

Sementara itu Octavianus menjelaskan bahwa ini sudah di desain dari Agustus 2022 tahun lalu dan direncanakan di adakan pada bulan April, namun karena masih bulan suci Ramadhan maka pihak sekolah mengambil pada bulan 2 Mei yang jugabertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

“Ini merupakan bagian kurikulum merdeka dan rangkain dari P5. Dan ini juga baru semester 1+ karena yang semester 2 mungkin akan di gabung dulu gelar karya tahun depan. Untuk tema kita ambil ‘Gaya Hidup Berkelanjutan’ “Berkhebinekaan Global” dan “Kewirausahaan”. Untuk di Kewirausahan ini juga ada poin – poin penting juga yaitu minuman herbal dan Kuliner nusantara, kalau berkhebinekaan global seperti musik tradisional, tarian, gambar – gambar yang ada di stand – stand. Sedangkan gaya hidup berkelanjutan di harapkan anak – anak sungguh – sungguh paham bagaimana cara hidup humanis, berkarakter, berkolaborasi dengan karakter Xaverius yaitu Beriman, Berilmu, Hunanis dan Tegar.” ungkapnya.

Kedepan Octavianus akan evaluasi kegiatan yang telah di laksanakan agar terus menjadi lebih baik lagi. “Kegiatan ini didukung oleh ikatan alumni SMP Xaverius Baturaja serta para donatur yang tidak mengikat. Juga peran para guru yang kreatif yang terus belajar dan berjuang mendampingi anak – anak. Serta tidak lupa peran pengurus OSIS yang berperan aktif menggerakkan teman – temannya,” jelasnya.

Untuk di ketahui SMP Xaverius Baturaja melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri berubah untuk di kelaa VII. Gelar Karya tahun ini dilaksanakan hanya satu hari mulai pukul 08.00 WIB, tempat pelaksanakan Gelar Karya yaitu lapangan dan di ruangan kelas SMP Xaverius Baturaja. Kegiatan ini dihadiri oleh Kadisdik OKU Drs. H. Topan Indra Fauzi MM MPd, Kepala Kantor Perwakilan Yayasan Xaverius Palembang di Baturaja yaitu Bruder Pilipus Sukiran, FIC., kepala SMP Xaverius Baturaja, pengawas SMP, serta orang tua siswa yang ikut hadir serta 98 siswa yang terlibat melaksanakan gelar karya ini.(ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *