Jadi Inspektur Upacara Hardiknas, Ini Pesan PJ Bupati OKU

Foto : PJ Bupati Oku H Teddy Meilwansyah saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hardiknas

OKU, Peristiwaterkini.id – Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas) adalah hari peringatan pendidikan di Indonesia. Hardiknas sendiri diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahun nya di seluruh penjuru negeri dengan berbagai cara.

Selain hari pendidikan nasional, tanggal 2 Mei juga bertepatan dengan hari lahir Kihajar Dewantara yang juga di kenal sebagai pendiri lembaga pendidikan pertama bagi rakyat pribumi. Atas perjuangannya dalam memajukan pendidikan itulah yang membuat nama Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai sosok penting dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Seperti di Kabupaten OKU, peringatan Hardiknas diperingati dengan upacara di halaman kantor Bupati dengan inspektur upacara PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah pada Selasa (2/5/2023).

Sebagai inspektur upacara, Pj Bupati OKU H Teddy Mailwansyah membacakan amanat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dimana dalam sambutan itu menteri pendidikan menyampaikan tentang banyak nya perubahan di Indonesia selama 3 tahun terakhir.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” Ujar Teddy menyampaikan amanat.

Lebih lanjut ucap Teddy, Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

“Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,”lanjutnya.

Menurut PJ bupati, Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi pendidikan di OKU untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil. Diharapkan dengan merefleksikan hal-hal yang telah di lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, dapat dirancang arah perjalanan ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar.

“Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini,” cetus Pj Buapti.

” Mari kita manfaatkan peringatan hari pendidikan nasional tahun 2023 ini, sebagi momentum untuk memperkuat dan memperkokoh upaya kitan dan kiat kiat kita untuk memajukan daerah dan membangun landasan karakter bangsa dan membangun kualitas sumber daya manusia Kabupaten OKU , ” Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Diknas pendidikan Kabupaten OKU, Ketua Pengadilan Negri Baturaja, Ketua Kejaksaan OKU, Kapolres OKU, Dandim 0403 OKU , serta tamu undangan lain nya.(lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *