Selalu Jadi Langganan Banjir, Gubernur : Sudah di Anggarkan 8 Milyar, Nanti kalau kurang di Tambah

Foto : Gubernur Sumsel H Herman Deru Meninjau banjir di kelurahan Sekarjaya

OKU, Peristiwaterkini.id – Bencana banjir di beberapa titik diwilayah Kabupaten OKU beberapa hari terakhir tak hanya menjadi perhatian serius perintah Kabupaten OKU. Minggu, (30/4/2023) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru di dampingi putri nya Samantha Tivani, PJ Buapti OKU H Teddy Meilwansyah dan unsur forkompinda Kabupaten OKU meninjau secara langsung banjir di Bumi Sebimbing Sekundang.

Dalam laporannya kepada Gubernur Sumsel , PJ Buapti OKU H Teddy Meilwansyah menyampaikan bencana banjir di OKU terjadi akibat intensitas air hujan yang sangat tinggi serta akibat luapan debit sungai Ogan. Setidaknya kata Teddy di kabupaten OKU ada ratusan rumah yang terdampak banjir.

“Dari tinjauan di lapangan titik banjir ada di jalan Pancur Desa Tanjung Baru, kemudian pemukiman warga di Kelurahan Baturaja Permai, Pemukiman warga diruas jalan Imam Bonjol menuju RSS Sriwijaya, pemukiman warga RT 11, 12, serta pasar Sriwijaya, pemukiman di jembatan Ogan 4 dan jalan Ahmad Yani depan bulog Kelurahan Kemelak,” Papar H Teddy Meilwansyah.

Akibat kejadian banjir yang melanda, lanjut Teddy, sedikitnya 429 rumah warga terdampak secara langsung terendam banjir. Selain itu banjir juga menyebabkan ruas jalan pancur tak dapat di lalui kendaraan dan merusak sumber air bersih warga.

“Untuk di kelurahan Sekarjaya ada 277 rumah, Kelurahan Baruaja Permai 73 rumah serta di desa tanjung baru ada 58 rumah,” lanjutnya.

Tak tinggal diam, masih kata Teddy, Pemkab OKU telah melakukan upaya dengan bekerjasama dengan TNI – Polri, BPBD OKU serta stake holder untuk membantu mengevakuasi masyarakat, mendirikan posko kesehatan, dapur umum serta menyedot air yang menggenang di jalan pancur.

“Inilah upaya yang telah kita lakukan. Termasuk kita juga memberikan batuan sembako kepada masyarakat yang terdampak,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru menyampaikan, menaggapi banjir yang terjadi di Kabupaten OKU dirinya berjanji akan melakukan normalisasi terhadap aliran sungai di sepanjang kelurahan Sekarjaya. Tak tanggung – tanggung, Herman Deru bahkan menyebut akan menggelontorkan dana sebesar 8 milyar rupiah untuk normalisasi.

“Saya sudah dengar mengenai banjir di OKU ini yang tiap tahun terjadi. Jadi kita sudah anggarkan 8 milyar untuk normalisasi aliran sungai yang menyebabkan banjir ini, nanti kalau kurang kita tambah. Mudah – mudahan dengan normalisasi ini akan bisa mengatasi permasalahan ini secara permanen,” Janji Herman Deru.

Gubernur juga meminta, Bantuan gubernur ( Bangun) yang telah di anggarkan tersebut dapat segera di realisasikan agar kedepan bencana banjir tak lagi terjadi di wilayah itu.

“Semoga ini bisa terealisasi dan warga tidak di repotkan lagi denganasalah banjir,” tutupnya.

Disela peninjauan bencana banjir, Gubernur Sumsel juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Dirinya bersama rombongan juga mengecek secara langsung rumah warga yang terendam banjir pada Minggu dini hari.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *