Debit Sungai Ogan Naik, Desa Lubuk Batang Lama Kebanjiran Hingga 1 Meter

OKU, Peristiwaterkini.id – Terus naiknya debit sungai Ogan pasca hujan lebat yang mengguyur pada Rabu (26/4/2023) malam membuat sejumlah daerah di Kabupaten OKU tergenang banjir. Sebut saja seperti kawasan jalan pancur di desa tanjung baru kecamatan Baturaja timur yang terendam hingga lutut orang dewasa.

Tak hanya di kawasan itu, bahkan pada Kamis siang (27/4/2023) lantaran debit sungai Ogan yang terus naik menyebabkan Desa Lubuk Batang Lama Kecamatan Lubuk Batang mengalami kebanjiran. Air menggenangi hampir seluruh rumah yang ada di desa tersebut mulai dari hulu hingga hilir desa.

Disebutkan salah seorang warga desa setempat, air mulai masuk ke pukiman warga sejak pukul 14.30 WIB. Ketinggian air terus naik dari hanya sebatas mata kaki hingga setinggi paha orang dewasa.

“Air sungai Ogan naik memang sejak tadi malam. Namun tadi siang sekitar pukul 14.30 debit sungai begitu cepat naik hingga masuk kepemukiman. Saat ini ketinggian air sudah mencapai paha orang dewasa,” ucap warga Dibincangi Kamis (27/4/2023).

Warga menuturkan untuk dampak banjir kali ini, hampir seluruh rumah warga desa Lubuk Batang Lama terndam banjir dengan ketinggian bervariasi. Semakin kepinggir sungai, air yang menggenang semakin dalam dan deras.

“Kalau yang terendam, hampir seluruh rumah di desa induk ini terendam. Untuk ketinggian nya berfariasi. Yang terparah yang berada di pinggir sungai,” lanjutnya.

Warga khawatir jika pada Kamis sore terjadi hujan lebat kembali, maka debit sungai Ogan akan terus bertambah hingga diprediksi akan memperburuk keadaan.

“Kalau sore ini hujan lagi, diprediksi ketinggian banjir akan ikut bertambah,” pungkasnya.

Banjir yang merendam desa itu juga di benarkan Kades Lubuk Batang lama Jus Imani. Menurut Kades, bukan hanya rumah penduduk saja yang terendam banjir, namun ratusan Ha lahan pertanian milik warga terancam gagal panen di tejang banjir.

“Iya sudah mulai banjir. Ratusan Ha lahan pertanian jagung Milik warga rusak dan terancam gagal panen. Untuk ketinggian banjir saat ini berkisar 1 Meyer dan terus bertambah tinggi,” ujar Jus Imani.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada bantuan dari BPBD OKU terkait penanggulangan bencana banjir di Desa Lubuk Batang Lama. Meski demikian, tak ada korban jiwa atau rumah yang hanyut yang disebabkan banjir tahunan ini.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *