Sejumlah Wilayah OKU Terendam Banjir, Akibat Curah Hujan Meningkat

OKU, Peristiwaterkini.id – Hujan dengan intensitas sangat lebat dengan durasi waktu yang cukup lama di kabupaten Ogan Komering Ulu menyebabkan beberapa wilayah mengalami kebanjiran.

Disampaikan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten OKU Hemnirusdi melalui Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Gunalfi melalui pesan WhatsApp, Jumat ((22/4/2023), beberapa wilayah akan terjadi kebanjiran akibat lupa air.

” Pada pukul 21:00 WIB hujan mulai turun dalam waktu yang relatif cepat, kemudian pada pukul 23:00 WIB mulai terjadi banjir dibeberapa wilayah di Kecamatan Baturaja Timur, ” katanya .

Adapun wilayah yang terdampak banjir yakni, Desa Air Paoh rumah yang teredam banjir sebanyak 13 Unit rumah (17 KK), dengan Ketinggian Muka Air : 15cm – 40cm dan Estimasi Kerugian: (+/-) Rp.  20 Jt.

Selanjutnya Kelurahan Sekarjaya rumah penduduk  yang teredam banjir sebanyak  75 Unit rumah (80 kk) dengan ketinggian Air Ketinggian Muka Air : 25cm – 50cm dan  Estimasi Kerugian 15jt.

Selanjutnya di Kelurahan Baturaja Permai rumah penduduk yang terendam banjir sebanyak 65 Unit rumah (70kk), Ketinggian Muka Air : 30cm – 50cm, Estimasi Kerugian: (+/-) Rp 20jt.

Dari kejadian itu BPBD OKU  melakukan koordinasi dengan isntansi terkait bersama Kodim 0403 OKU, Polres OKU  lainnya menurunkan personil dan peralatan untuk melakukan evakuasi apabila dibutuhkan oleh warga yang terdampak banjir tersebut sekaligus langsung memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dikarenakan kemungkinan akan turun hujan susulan dan debit air bisa saja meningkat kembali.

Tim Reaksi Cepat  PB Kabupaten OKU, lanjut Gunalfi, melaksanakan kaji cepat untuk dilaporkan ke Bupati OKU, Gubernur Sumsel dan BNPB.

” BPBD OKU melalui Pusdalops BPBD Kabupaten OKU akan melakukan pemantauan kondisi cuaca yang merujuk pada peringatan dini yang dirilis oleh BMKG dan akan mendistribusikan peringatan dini tersebut ke seluruh warga masyarakat Kabupaten OKU terutama yang tinggal di daerah rawan bencana hidro meteorologi,” jelasnya.

Info Kondisi terkini sebagian wilayah Kabupaten OKU masih mengalami hujan dengan intensitas rendah dan untuk wilayah yang terdampak banjir  sebagian wilayah sudah surut dan warga mulai melaksanakan pembersihan rumah masing – masing, Tandasnya, (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *