OKU Timur Di Landa Banjir Saat Lebaran Idul Fitri 1444 H

OKU TIMUR, Peristiwaterkini.id – Disaat warga lain merayakan hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan dengan menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M, sebagian warga OKU Timur sedang dilanda kebanjiran akibat meluapnya sungai Komering.

Curah hujan yang deras mengguyuri kecamatan Martapura kabupaten OKU Timur pada malam takbiran Idul Fitri 1444 H tepatnya Sabtu (22/4/2023) dini hari yang mengakibatkan sejumlah titik terendam air.

Salah satunya di Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten OKU Timur, terlihat jalan raya yang menjadi akses utama pengendara ambles lantaran hujan yang deras membuat tanah menjadi labil hingga ambrol.

Dititik lain, seperti di desa Tanjung Kemala, Kecamatan Martapura, Tepian Komering (Tekom) juga mengalami dampak yang sama akibat hujan dengan intensitas yang tinggi, sehingga sejumlah rumah warga yang berada tepat dipinggir sungai komering kebanjiran.

“Iya, dari semalam kita khawatir karena hujan yang deras jadi luapan sungai perlahan meninggi,” ucap Roni salah satu warga Tekom.

Akibatnya, warga yang harusnya tidur pulas karena bersiap untuk sholat Ied akhirnya terpaksa begadang lantaran volume air sungai yang kian meninggi.

Tak hanya rumah warga saja yang berdampak dari curah hujan yang deras. Jalan lintas yang mengarah kota Baturaja juga terendam air. Dimana hal seperti ini tidak pernah terjadi.

Pengguna jalan yang kaget jalanan aspal hitam itu kini berwarna cokelat karena air yang mengalir dari hutan Barito meluap ke jalan raya, sehingga para pengendara pun harus ekstra hati-hati.

“Kaget saya mas, tiba-tiba kok sepanjang jalan arah ke Baturaja ini sudah diselimuti air, biasanya ga pernah,” ucap Supir mini bus yang melintas.

Hingga kini volume air sungai komering belum juga surut. Selain itu, pemerintah setempat pun belum memberikan himbauan terkait kondisi alam saat ini. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *