Jamaah Muhammadiyah sholat Ied Hari Ini, Di Laksanakan Beberapa Tempat Di Baturaja

OKU, Peristiwaterkini.id – Muhammadyah menetapkan 1 Syawal 1444H jatuh pada hari ini, Jumat (21/4/2023), Ribuan Jamaah dari warga Muhammadiyah, padati sejumlah tempat pelaksanaan Sholat Ied 1444H, di kabupaten OKU.

Ada beberapa tempat sholat Ied bagi warga Muhammadiyah yang melaksanakannya di hari ini dalam kota Baturaja, yakni di masjid dusun Baturaja, masjid kampung Qouman pasar baru, Masjid Muhammadiyah perumahan RS Sriwijaya kelurahan Sekarjaya, dan dihalaman perguruan Muhammadiyah jalan bindung langit Lawang kulon Baturaja.

Ketua PDM OKU Prof DR.Gribaldi, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Perbedaan pemahaman yang terjadi pada pelaksanaan hari raya idul fitri 1444H, menjadi rahmad bagi ummat islam, sehingga mau mengembangkan wawasan keagamaan, dan memupuk toleransi.

“Mudah-mudahan di tahun yang akan datang kita bisa melaksanakan sholat Ied secara serentak di seluruh indonesia dan juga dunia,” harapannya.

Perbedaan ini, lanjut Gribaldi jangan dijadikan perbandingan. Namun cukup diambil hikmahnya. Perbedaan ini juga, kata dia, jangan dibesar-besarkan.

”tahun ini kita bisa melaksanakan sholat berjemaah dinperguruan miuhammadiyah OKU ini tidak terasa bulan ramadhan sudah meninggalkan kita semua, dan pada hari ini kita merayakan hari raya idul fitri, atas nama pribadi dan seluruh unsur PDM mengucapkan minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan bathin.”jelasnya.

Dirinya menyatakan, dalam penentuan awal Ramadhan maupun penentuan 1 syawal, PP Muhammadiyah menggunakan metode Hisab.

“Kita berharap perbedaan ini tidak perlu dibesar-besarkan, cukup kita ambil maknanya,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan Sholat Ied di Halaman Komplek perguruan muhammadiyah baturaja diimami oleh Marzuki SPd MPd, dan langsung menjadi khotib.

Ketua pimpinan daerah muhammadiyah (PDM) OKU sendiri melaksanakan sholat di halaman perguruan muhammadiyah, bersama sejumlah tokoh diantaranya, ketua DPRD OKU Marjito Bahri, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Hendri Agustian SH, Ketua KPU OKU Naning Wijaya ST, serta unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *