Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Jamin Distribusi BBM, LPG dan Avtur Lancar

Foto : Press Conference PT Pertamina Patra Niaga di Palembang dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 H

OKU, Peristiwaterkini.id – Menghadapi momen arus mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah tahun 2034, Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terus memastikan kebutuhan energi masyarakat. Hal itu terungkap saat di gelar Press Conference Kesiapan Pertamina jelang momen arus mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Palembang, Kamis (6/4/2023).

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih dalam keterangan resminya mengungkapkan pasokan BBM dan LPG saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

“Saat masa Satgas Rafi 2023 ini kami ingin memastikan ketahanan stok dalam keadaan aman, sehingga distribusi tidak terganggu dan masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik dengan nyaman dan tenang,” terang Zibali Hisbul Masih.

Guna memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina membentuk Satuan Tugas (SATGAS) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI). Satgas itu mulai diberlakukan mulai 01 April 2023 hingga 02 Mei 2023.

Selama masa Satgas RAFI , untuk wilayah Sumbagsel konsumsi jenis gasoline diprediksi mengalami peningkatan sebesar 24%, untuk BBM jenis gasoil tidak ada perubahan signifikan. Untuk konsumsi LPG diprediksi mengalami peningkatan sekitar 9,7%, serta untuk Avtur mengalami peningkatan sekitar 27%. Proyeksi ini dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal di  bulan Januari sampai dengan Februari 2023. Estimasi penyaluran Gasoline selama masa Satgas Rafi 2023 dibanding Satgas Rafi 2022 meningkat sebesar 3% untuk Gasoline dan meningkat 8,2% untuk Gasoil.

“Seluruh insfrastruktur dan sarfas telah disiagakan, meliputi 10 terminal BBM, 2 terminal LPG, 675 SPBU, 62 SPBE, 482 Agen LPG, dan 6 DPPU,” pungkasnya.

Selain infrastruktur dan sarfas utama, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 87 SPBU Siaga, 309 Agen Siaga & 5540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 5 Unit Kiosk Pertamina Siaga, 15 Unit Motorist, dan 16 Unit Mobil Tanki standby.

Untuk wilayah Lampung terdapat layanan tambahan yang disiagakan diantaranya 9 SPBU di jalur Tol Trans Sumatera, 3 Unit KiosK di jalur Tol Trans Sumatera, 6 SPBU Kantong serta terdapat 15 Unit Motoris atau Pertamina Delivery Service (PDS).

Sementara untuk wilayah Sumatera Selatan terdapat layanan tambahan yang disiagakan diantaranya 2 SPBU di jalur Tol Trans Sumatera, 2 Unit KiosK di jalur Tol Trans, 10 SPBU Kantong.

Tidak lupa, Pertamina Patra Niaga juga kembali menyediakan loyalty program bagi pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina.

Informasi mengenai seluruh layanan Pertamina Siaga 2023 dan produk Pertamina dapat diakses melalui website mypertamina.id, media sosial @pertaminasumbagsel, dan @mypertamina atau dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 untuk informasi lebih lanjut.

Sementara untuk Kabupaten OKU sendiri dikatakan kepala SBM region II pelamnbang Malik juga dalam keadaan aman. Konsumsi Bahan Bakar minyak juga diprediksi bakal terjadi kenaikan. Namun dirinya menjamin bahwa ketersediaan BBM jelang Idul Fitri dalam kondisi aman.

“Kuota di OKU juga aman, Kita pastikan stok BBM tersedia. Diprediksi memang terjadi kenaikan konsumsi sekitar 3 persen dari kuota biasanya,” pungkas Malik,”. (Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *