BPOM Temukan Zat Berbahaya Pada Makanan dan Minuman di Pasar Tradisional Baturaja

OKU, Peristiwaterkini.id – Berhati – hatilah dalam membeli makanan di pasar terutama makanan yang biasanya hanya bertahan untuk 1 atau 2 hari saja. Pasalnya, makanan yang kita beli belum tentu bebas dari zat berbahaya yang bisa mengancam kesehatan.

Seperti yang ditemui di salah satu pasar di kota Baturaja ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) menemukan bahan berbahaya di Pasar Tradisional Kota Baturaja.

Hal itu diketahui, usai BPOM Sumsel melakukan pemeriksaan cepat sementara puluhan sempel makanan yang diuji seperti mie basah, tahu, minuman buah untuk buka puasa, ikan asin serta bahan makana lainnya pada Kamis (30/3/2023).

Ketua Tim Investigasi dan Pendidikan BPOM Palembang, Teddy Nirawan mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih meneliti cepat di mobil milik BPOM puluhan sempel makanan yang di jual di pasar tradisional di Kota Baturaja.

“Nantinya seluruh hasil penelitian selesai pada sore hari dan akan dilaporkan langsung kepada Bupati OKU,” katanya.

Namun Teddy membeberkan jika pihaknya menemukan dua bahan berbahaya pada jenis makanan mie dan minuman.

“Kegiatan ini sifatnya hanya pembinaan, jadi yang kedapatan menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya hanya didata dan dibuat perjanjian untuk tidak lagi menjual makanan tersebut,” pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *