Sampah Berserakan Dijalan Lintas sumatera, Pj Bupati OKU Ambil Tindakan

Foto : PJ Bupati saat mengecek tumpukan sampah yang di buang liar oleh masyarakat di jalan lintas Sumatera

OKU, Peristiwaterkini.id – Melihat menumpuknya sampah di kawasan jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinteng) Kelurahan Sukaraya akibat banyaknya warga buang sampah sembarangan di kawasan itu Membuat Pj Bupati OKU Teddy Meilwasnyah memerintahkan DLH OKU untuk membersihkan tumpukan sampah yang saat ini bak TPA.

Kondisi tumpukan sampah yang berada di jalan Lintas itu tentu membuat stigma negatif tentang Kota Baturaja. Oleh sebab itu Pj berupaya agar lokasi itu bisa disterilkan dan memberi solusi terbaik agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di kawasan itu.

“Tadi pagi saya cek bersama Dinas DLH memang banyak sampah yang di buang sembarang oleh masyarakat. Saya sudah perintahkan DLH untuk membersihkan kawasan itu dan berupaya mencari solusi agar kawasan itu tidak menjadi tumpukan sampah, ” jelas Teddy Jumat (24/3/2020).

Sementara itu, Kabid B3 DLH OKU Brigman saat berada di lokasi menyebutkan, jika kawasan itu bukan tempat yang disediakan DLH untuk membuang sampah. Pihaknya, jelas Brigman sudah kesekian kali melakukan pembersihan kawasan itu, namun, masih banyak warga yang membuang sampah disana.

“Ini bukan tempat sampah, ini liar dibuang warga, mereka membuang asal maunya saja dan bisa dilihat meluas kemana-mana,”ucap Brigman.

Pihaknya kata Brigman telah mengambil solusi atas intruksi Pj Bupati OKU dengan sesegera mungkin menghubungi pemilik tanah.

“Tanah ini milik orang, kita akan hubungi dulu apakah diizinkan dibuat tempat khusus. Jika diizinkan mereka akan menempatkan kontainer dan dibuat dekat agar sampah tidak kemana mana, “jelas Brigman.

Namun, DLH OKU berharap agar masyarakat luas yang sering membuang sampah sembarang di kawasan itu agar tidak melakukannya lagi.

“Kami harap warga jangan buang sampah disini, apalagi sembarangan hingga meluas, ” tukasnya.

Sementara salah satu warga sukaraya yang kedapatan membuang Sampah di tempat itu mengatakan jika dirinya baru kali ini membuang sampah ditempat itu. Dirinya juga tak tahu jika ditempat itu bukanlah tempat pembuangan sampah, namun dirinya nekad membuang sampah ditempat itu lantaran melihat banyak tumpukan sampah.

“Saya biasanya langganan dengan yang memakai motor itu pak, namun sudah 3 Minggu ini tak datang – datang, jadi melihat sampah disini, saya ikut buang juga,” ucapnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *