OKU  

Sambut Bulan Ramadhan Aliansi Pemuda Muslim Baturaja Adakan Tarhib Dan Pawai

Foto : Persiapan pawai

OKU, Peristiwaterkini.id – Dalam rangka penyambutan bulan suci Ramadhan 1444 H, Aliansi Pemuda Muslim Baturaja yang terdiri dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah OKU Raya, menggelar agenda Tarhib dan Pawai sambut Ramadhan, Rabu (22/03)

Turut serta dalam kegiatan ini yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ukhuwah Universitas Baturaja, LDK Al-Mufid STAI Baturaja, LDK Permata UNMAHA Baturaja, LDK Poltekes Baturaja, Santri Insanul Hadi Baturaja, turut juga mengundang Rohis SMA/MA dan IRMA yang ada di kabupeten OKU.

Aksi Tarhib ini merupakan agenda tahunan bagi Pemuda-Pemudi OKU untuk mensyiarkan suka cita menyambut bulan Ramadhan. Aksi yang dikoordinatori oleh Iskandar, S.Pd kali ini mengambil start di Universitas Baturaja dengan dua agenda utama yaitu Taujih dan Pawai.

” Kegiatan ini Didahului dengan Taujih untuk menambah semangat dan motivasi beribadah di bulan Ramadhan yang disampaikan oleh motivator kita yaitu Ustadz Didik Ikhwanurdin, SS. yang menjelaskan mengenai makna kandungan Q.S Al-Baqarah:183 secara detail dengan Takwa sebagai motivasi tertinggi bagi orang-orang beriman ketika menjalani ibadah puasa agar tidak hanya mendapatkan lapar dan haus saja,” ucap Iskandar.

Usai mendengarkan ceramah kegiatan dilanjutkan dengan pawai usai Sholat Ashar, rute yang diambil mulai dari universitas Baturaja (UNBARA), melewati Ramayana, Pasar atas, Sukajadi, Simpang 4 air Paoh, Sukaraya, SMA sentosa, PN Baturaja dan finis di DPRD OKU.

Foto : Kegiatan Tarhib mendengarkan ceramah

Sebelum melaksanakan pawai dengan rute tersebut kordinator menjelaskan tata tertib dan aturan dalam pelaksanaannya, kegiatan pawai ini di kordinatori oleh Wahyu Pujara sebagai ketua umum LDK Ukhuwah UNBARA, bahwasanya sebagai pelajar dan mahasiswa sudah semestinya harus tertib berkendaraan dan menjaga kekondusifan aksi agar tidak menodai niat baik dari mensyiarkan datangnya Ramandha itu sendiri.

“teman-teman yang berkendara lebih dari satu orang harus mengenakan helm, tidak boleh membunyikan klakson yang berlebihan, tidak boleh memainkan gas kendaraan dengan tujuan membuat bising, tidak boleh mengenakan knalpot rising, kendaraan roda dua tertib dua barisan di belakang mobil komando,”jelasnya.

Selama perjalanan pawai, rombongan peserta Tarhib menyuarakan gema takbir dan lantunan sholawat, kegiatan ini dikawal oleh pengawalan Patwal dari kepolisian dan pihak pengamanan terkait hingga di rute akhir, peserta pawai tarhib berhenti untuk menggelar orasi sambil membagikan selebaran berisi jadwal imsakiyah kepada pengguna jalan dan masyarakat sekitar taman kota baturaja.

Seluruh Ketua umum ataupun yang mewakili baik dari KAMMI maupun LDK dalam orasi-orasi bergilirnya kompak menyuarakan pernyataan yang isinya turut saling menjaga kenyamanan dan kekondusifan umat muslim dalam mengoptimalkan ibadah-ibadah di bulan mulia ini. Salah satunya seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum KAMMI Komisariat Sebimbing Sekundang, Aprizon,

Foto Bersama

“Aliansi Pemuda Muslim Baturaja menghimbau kepada masyarakat dan pelaku usaha tempat hiburan malam untuk menutup sementara dan tidak mendatangi tempat-tempat hiburan malam selama bulan Ramadhan satu bulan kedepan, syukur-syukur jika tempat yang berpotensi mengundang maksiat seperti itu dapat tutup permanen demi kenyamanan beribadah bersama” tuturnya.

Ketua Umum LDK Al-Mufid yaitu Tajdidi menambahkan selain hal diatas juga mengingatkan masyarakat agar tidak sama sekali menyalakan kembang api yang berpotensi berbahaya di lingkungan-lingkungan padat penduduk atau oleh anak-anak tanpa pengawasan orang tua.

Terakhir ucapan Marhaban Ya Ramadhan dan saling mendoakan untuk ibadah yang maksimal tak hentinya disampaikan oleh peserta Tarhib sebagai wujud sukacita masih dipertemukan dengan Bulan Mulia penuh ampunan, rahmat dan pahala berlipat.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Koordinator Aksi kepada pihak Kepolisian Resor Kab. OKU dan pengaman terkait seperti Dishub dan Satpol PP Kab. OKU yang telah mengawal pelaksanaan pawai Tarhib Ramadhan 1444 H sehingga berlangsung aman, tertib dan kondusif sampai akhir, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *