Tak Hanya Perkim, BAZNAS Juga Punya Progam RTLH, Ini Jumlah dan Target Kedepan

Foto : Penyerahan secara simbolis rumah yang telah direnovasi kepada pemilik oleh PJ Bupati OKU

OKU, Peristiwaterkini.id – Selain Dinas PU Perkim ternyata Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) juga di programkan oleh Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten OKU. Hal itu diketahui saat digelarnya kegiatan peresmian Rumah Tidak Layak Huni BAZNAS OKU yang digelar di Desa Lekis Rejo Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU.

Acara tersebut di hadiri oleh PJ Bupati Oku H Teddy Meilwansyah, Ketua BAZNAS OKU Darman Syafe’i para kepala OPD, Ketua Yayasan Al -Fallah, para tokoh masyarakat serta penerima bantuan RTLH.

Dikatakan Ketua BAZNAS OKU Darman Syafe’i usai melakukan potong pita penyerahan rumah yang telah di renovasi kepada pemiliknya di desa Lekis Rejo Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU pada Rabu (15/3/2023). Menurut Darman, rumah yang telah dibedah berada di wilayah unit III sebanyak 3 unit rumah, di Batumarta unit IV 1 rumah serta di desa Air paoh kecamatan Baturaja Timur 1 unit rumah.

“Untuk di tahun 2022 baru 5 unit rumah. Dan ini bersumber dari dana zakat baik BAZNAS Pusat, Propinsi maupun BAZNAS OKU, dialihkan kepada mustahih dalam bentuk renovasi rumah,” ucap Darman.

Dikatakan Darman, untuk 1 unit rumah yang akan direnovasi, besaran anggaran yang dikeluarkan sebesar 40 juta. Kedepan pihaknya menarget lebih banyak lagi rumah yang bisa direnovasi.

“1 unit rumah dananya 40 juta. Dan kedepan kita menarget 50 unit rumah. Mudah – mudahan bisa tercapai,” kata dia.

Darman juga mengucapkan selamat kepada para penerima bantuan rumah RTLH. Ia berharap kedepan akan semakin banyak masyarakat yang mau menzakatkan hartanya guna dialihkan kedalam program RTLH ini.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para penerima nya,” pungkasnya.

Sementara itu, PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengaku sangat bangga dengan gagasan BAZNAS itu. Teddy mengatakan dengan inisiasi BAZNAS ini banyak masyarakat yang kurang mampu bisa terbantu dalam hal merenovasi rumah mereka.

“Ini merupakan inisiasi yang baik, maka nya Kami Pemkab OKU sangat mendorong, karena tujuan nya baik. Kami sisir rumah warga yang tidak layak huni dan direnovasi agar mereka bisa nyaman tinggal di sana,” ucap PJ Bupati OKU.

Teddy juga mengucapkan terima kasih atas inisiasi BAZNAS nasional, BAZNAS Propinsi maupun BAZNAS Kabupaten OKU serta semua pihak yang turut membantu dalam program RTLH tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih atas inisiasinya, sehingg kolaborasi antara BAZNAS dan pemerintah daerah Kabupaten OKU ini menghasilkan program rumah tidak layak huni menjadi rumah layak Huni,”

Selain itu, Teddy juga mengajak kepada para OPD untuk membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di kantor masing – Masing. Tujuan nya adalah agar zakat dari para pegawai bisa terkumpul dan dipergunakan untuk kegiatan RTLH kedepan.

“Tak perlu ragu dengan BAZNAS OKU, ini buktinya susah ada. Mudah – mudahan kedepan bisa lebih banyak lagi rumah yang mendapat program ini,” pungkas Teddy.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *