PJ Bupati OKU Buka Musrenbang RKPD Kabupaten OKU tahun 2203

OKU, Peristiwaterkini.id – PJ upati OKU H Teddy Meilwansyah membuka secara langsung kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten OKU tahun 2023 di ruang abdi praja Pemkab OKU pada Selasa (14/3/2023). Selain PJ Bupati, acara tersebut juga dihadiri sejumlah Forkompinda seperti Kapolres OKU, Dandim 0403 OKU, Ketua DPRD OKU, Kepala Bapelitbangda Propinsi Sumsel dan seluruh kepala OPD dilingkup Pemkab OKU.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten OKU Gunawan Somad dalam sambutan nya menyampaikan bahwa maksud dari penyelenggaraan Musrenbang RKPD Tahun 2023 adalah untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten OKU tahun 2024 sebagai bahan penyempurnaan rancangan RKPD menjadi rancangan Akhir RKPD Kabupaten OKU Tahun 2024.

“Tujuannya untuk menyepakati sasaran dan prioritas pembangunan daerah Kabupaten OKU tahun 2204, program, kegiatan dan sub kegiatan perangkat daerah yang diakomodir maupun yang belum diakomodir Dalam rancangan RKPD Kab OKU 2024 akan menjadi masukan guna penyempurnaan rancangan akhir RKPD tahun 2204,” Ujar Gunawan Somad.

Dirinya juga mengatakan sejauh ini pihaknya telah melakukan penilaian terhadap usulan inovasi yang berasal dari tiap perangkat daerah. Permintaan data inovasi telah dilakukan pada tahun 2022 lalu dan mendapati 24 inovasi dari 13 usulan perangkat daerah.

“Data tersebut kemudian kami input ke aplikasi Inovasi Goverment Award (IGA) Kemendagri dan menghasilkan skor Indek Inovasi Daerah (IID) sebesar 53,46. Dengan kata lain OKU ini termasuk kabupaten Inovatif. Sebagai bentuk apresiasi kami, maka kita berikan penghargaan kepada 5 perangkat daerah terinovatif yang diserahkan oleh PJ Bupati OKU,” Jelas Gunawan Somad kemudian.

Sementara itu, PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah saat di konfirmasi mengatakan musrenbang RKPD Kabupaten OKU tahun 2023 Merupakan serapan aspirasi dari tingkat RT, Desa, Kecamatan dan berujung di tingkat Kabupaten. Ia berharap semua yang telah menjadi prioritas itu bisa diwujudkan sla RKPD.

“Semoga semua yang telah menjadi keinginan masyarakat ini bisa terpenuhi dan bisa dianggarkan,” Ujar H Teddy.

Bicara skala prioritas, Teddy masih menitik beratkan pada Penanggulangan inflasi dan ketahanan pangan. Hal itu menurut dia, selaras dengan program gubernur Sumsel yang menggalakkan program Sumsel mandiri pangan.

” Kami mengajak dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Badan Ketahanan Pangan untuk saling bahu membahu mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten OKU dan bagiamana kedepannya kami bisa mengedalikan inflasi. Contohnya ada kampung perikanan di kecamatan Lubuk Raja, menanam Bawang merah di kecamatan Sosoh Buay rayap dan panen raya cabe di Kecamatan sinar Peninjauan. Semuanya kita sesuaikan dengan potensi daerah masing – masing,” Beber PJ Buapti OKU.

Selain itu, Potensi wisata juga masuk dalam skala prioritas PJ Bupati. Teddy bertekad ingin mengangkat potensi wisata di Kabupaten OKU untuk meningkatkan perekonomian dan menggerakkan roda perekonomian di masyarakat yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.

“Dikecamatan Ulu Ogan kita telah membuat program pembangunan kawasan pedesaan agrowisata terintegrasi,” pungkas Teddy.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *