Sambut Ramadan, Warga Batumarta Nyadran Ke Makam Leluhur

OKU, Peristiwaterkini.id – Menyambut Bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah, sejumlah warga Batumarta kecamatan Lubuk Raja dan sekitarnya melakukan tradisi nyadran ke makam para leluhur, Jumat (10/3/2023). Di Taman Pemakaman Umum (TPU) unit 1 desa Battu Winangun sejak pagi warga mendatangi makam, para peziarah datang bersama rombongan keluarga lainnya.

Serangkaian kegiatan tradisi nyadran warga Batumarta meliputi pembersihan makam, doa bersama, dan tabur bunga.

Warga yang tinggal didekat makam, Aris mengatakan setiap tahun menjelang bulan Ramadhan warga dibeberapa desa yang ada di kecamatan ini mengadakan tradisi nyadran secara turun temurun.

“Sejak pagi hari warga berdatangan dan bergotong royong membersihkan areal TPU, pembersihan dilakukan mulai dari pembersihan Alang Alang, puhon liar dan juga nisan makam keluarga yang di makamkan di sini,” katanya.

Sementara itu Maryanto Kadus dusun cindra Mulya Desa Battu Winangun menjelaskan, acara nyadran di 3 desa di kecamatan itu adalah kegiatan setiap tahun diadakan menjelang bulan suci Ramadhan.

“Setelah melaksanakan bersih – bersih di sekitar area makam acara selanjutnya doa bersama yang di pimpin pemuka agama, setelah itu warga mengadakan makan bersama,” jelasnya.

Untuk acara makan bersama, terpaksa tidak dilakukan lantaran cuaca yang tidak mendukung. Akhirnya, hidangan yang telah disediakan terpaksa di bawa ke kerumah masing – masing.(gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *